MOLUSKUM KONTAGIOSUM: SEBUAH LAPORAN KASUS

  • Helga Pasadena Pasadena Universitas Abdurrab
  • Dwi Antika Sari Universitas Abdurrab

Abstrak

Molluscum contagiosum adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus Molluscipox, yang termasuk dalam keluarga Poxviridae. Infeksi ini umumnya ditemukan pada anak-anak, meskipun dapat terjadi pada individu dari segala usia. Penularan utama terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi atau melalui benda-benda yang terkontaminasi. Lesi yang muncul biasanya berupa bintik-bintik kecil, berwarna daging, dengan tonjolan di tengahnya, dan dapat muncul di berbagai bagian tubuh. Laporan kasus ini mendokumentasikan seorang pasien dengan molluscum contagiosum, suatu infeksi kulit yang disebabkan oleh virus Molluscipox. Pasien, seorang anak berusia 3 tahun 1 bulan, datang dengan keluhan bintik-bintik kecil yang muncul di berbagai bagian tubuhnya. Pemeriksaan fisik mengidentifikasi lesi berwarna daging dengan tonjolan di tengahnya

Kata Kunci: Moluskum kontagiosum, infeksi kulit, infeksi kulit anak

Referensi

[1] Aisah S, Handoko RP. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. Edisi ketujuh. Jakarta: Badan Penerbit FKUI Jakarta; 2015.
[2] Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Molluscum Contagiosum. [https://www.cdc.gov/poxvirus/molluscum-contagiosum/index.html]. Diakses pada 9 Februari 2024.
[3] Badri T and Gandhi GR. 2024. Molluscum contagiosum.https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK441898/
[4] Runtuwene N, Niode N, dan Pandaleke T. 2016. Profil Moluskum kontagiosum di Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado Periode Januari 2013- Desember 2015. Jurnal e-Clinic (eCl) 4(2) :
[5] Anggawirya Y. Diagnosis dan Tatalaksana Moluskum Kontagiosum. Continuning Medical Education. 2022.
Diterbitkan
2024-02-27
Bagian
Articles
PDF (English)
Abstrak views: 33
downloads: 19