HUBUNGAN NYERI HAID DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MAHASISWI D-III KEBIDANAN UNIVERSITAS ABDURRAB

  • Sellia Juwita Universitas Abdurrab

Abstract

Dismenore yakni nyeri menstruasi dikarakteristikkan sebagai nyeri singkat sebelum atau selama menstruasi. Nyeri ini berlangsung selama satu sampai beberapa hari selama mentruasi. Nyeri haid memiliki dampak bagi remaja putri karena menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara nyeri haid dengan aktivitas belajar pada mahasiswi D-III Kebidanan Universitas Abdurrab. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain penelitian analitik menggunakan metode Cross- Sectional Study, dimana jumlah populasi 55 orang dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan menggunakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan secara editing, coding, tabulating. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian dari 55 orang yang mengalami nyeri haid sebanyak 30 orang (54,5%) dan yang tidak mengalami nyeri haid sebanyak 25 orang (45,5%), sedangkan yang mengalami gangguan aktivitas belajar sebanyak 28 orang (50,9%) dan yang tidak mengalami gangguan aktivitas belajar sebanyak 27 (49,1%). Hasil uji Chi-square diperoleh p-value < dari α (0,011 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara nyeri haid dan aktivitas belajar mahasiswi D-III Kebidanan Universitas Abdurrab. 

Keywords: dismenore, aktivitas belajar
Published
2019-09-30
Section
Articles
PDF
Abstract views: 165
downloads: 205