Corporate Social Responsibility PT Newmont Nusa Tenggara Dalam Mengakomodasi Kepentingan Pemerintah dan Masyarakat

  • Hari Akbar Sugiantoro Universitas `Aisyiyah Yogyakarta

Abstract

Tren perusahaan saat ini tidak hanya mempelajari manajemen krisis serta strategi tanggung jawab sosial perusahaan, tetapi lebih makro, yaitu menjaga integritas antara business, government, and society. Konsep Business, Government, and Society menyatakan bahwa antara pelaku bisnis (perusahaan), pemerintah, dan masyarakat harus ada hubungan yang baik. Salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai hubungan baik antara ketiga elemen tersebut adalah  pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR).Dalam konsep Business, Government, and Society (BGS), idealnya CSR mampu mewakili konsep BGS dalam mengintegrasikan unsur bisnis, pemerintah, dan masyarakat. Dalam pelaksanaannya di lapangan, diasumsikan bahwa suatu perusahaan menyelenggarakan CSR dengan mempertimbangkan kepentingan bisnis atau kepentingan perusahaan itu sendiri, kepentingan pemerintah terutama pemerintah daerah dimana perusahaan beroperasi, dan kepentingan masyarakat di sekitar lingkungan operasional perusahaan. Dalam penelitian ini, CSR PT Newmont Nusa Tenggara menjadi inti dari objek penelitian, penelitian akan menitik beratkan terkait akomodasi kepentingan antara business yang di wakili oleh PT NNT, government yang di wakili pemerintah daerah Sumbawa barat, serta society yang di wakili oleh masyarakat lingkar tambang. Penelitian ini menggambarkan apakah dan bagaimana kepentingan-kepentingan dari setiap unsur terpenuhi di dalam program CSR.

Published
2020-04-29
Section
Articles
pdf
Abstract views: 41
downloads: 45