STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI LIFE FOR UMMAH PEKANBARU MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENSOSIALISASIKAN PROGRAM KEMANUSIAAN

  • Susi Artuti Erda Dewi STISIP Persada Bunda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh organisasi Life for Ummah Pekanbaru dengan memanfaatkan media sosial dalam upaya mensosialisasikan program-program kemanusiaan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan internet searching. Informan adalah ketua organisasi Life for Ummah Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mensosialisasikan program kemanusiaan life for ummah aktif dan peduli terhadap isu-isu dan kejadian tragedi kemanusiaan, bencana alam yang terjadi di Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru bahkan tragedi kemanusian di dunia misalnya di Palestina, Rohingnya dan lain sebagainya. Strategi komunikasi organisasi Life for Ummah Pekanbaru dalam memanfaatkan media sosial dalam upaya menyebarluaskan program-program kerjanya, khususnya program kemanusiaan yaitu dengan menggunakan media-media sosial yang ada.  Saran yang diajukan adalah relawan life for ummah harus terus semangat dan penuh penghayatan mengamalkan sila kemanusiaan yang adil dan beradab, karena melalui kegiatan kemanusiaan tersebut proses penyerapan nilai-nilai kemanusiaan dapat dicerna dengan rasa, hati nuraninya, akal dan kehendaknya untuk berbuat maksimal dalam kinerja salah satunya dengan mengoptimalkan lagi media sosial yang ada bahkan media sosial yang viral sehingga publisitas dan tujuan life for ummah akan tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan.

Keywords: Communication strategy, Social Media, Humanitarian programs
Published
2020-12-31
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 245
downloads: 187