RELASI RESIPROKAL (PERUSAHAAN-MASYARAKAT-PEMERINTAH) DALAM PRAKTIK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

  • Hayatullah Kurniadi Universitas Abdurrab
  • Muhammad Melta Betrawan Universitas Abdurrab

Abstract

Artikel ini membahas tentang relasi timbal balik antara perusahaan, masyarakat dan pemerintah dalam praktik Corporate Social Responsilibity (CSR). CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan telah menjadi praktik yang semakin diperlukan oleh perusahaan. Perusahaan sejatinya tidak hanya meraup keuntungan atas operasi yang dijalankan, melainkan memiliki sisi perhatian terhadap masyarakat sekitar (community). Masyarakat sebagai pihak yang dikenai program CSR juga memiliki peran yang sentral untuk masa depan perusahaan dan masa depan dirinya. Selain perusahaan dan masyarakat, pemerintah juga harus mengambil bagian penting dalam praktik ini, di samping mengelurkan peraturan dalam berbagai bentuk, mulai dari undang-undang dari level pusat hingga peraturan daerah, tetapi kedudukan dan perannya juga harus jelas dalam implementasi CSR. Relasi timbal balik ketiga aktor ini akan membuat CSR menjadi sebuah program yang berkontribusi positif untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Ketika relasi timbal balik ini terbentuk, maka CSR akan menjadi matang, baik dalam konsep maupun praktinya.

Published
2018-12-31
Section
Articles
pdf (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 937
downloads: 1013