http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/cmv/issue/feed Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi 2022-07-27T10:54:03+07:00 Suci Shinta Lestari [email protected] Open Journal Systems <p style="border: 2px dashed #d04a0e; padding: 4px; background-color: #fbe7c0;">Jurnal Communiverse adalah jurnal ilmu Komunikasi yang diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab Pekanbaru. Jurnal Communiverse sangat diharapkan menjadi jurnal yang berkualitas, sebagai barometer penting dalam perkembangan penelitian studi Ilmu Komunikasi kedepannya..&nbsp; &nbsp; &nbsp; <br><iframe style="border: 0px #ffffff none;" src="https://author.my.id/widget/walisongo.php?sinta=0&amp;sc=0&amp;link=https://journal.walisongo.ac.id/index.php/economica/pages/view/scopus&amp;dimensions=1385118&amp;gs=2YhPdnsAAAAJ&amp;count=p12819152" name="statistik" width="100%" height="265px" frameborder="1" marginwidth="0px" marginheight="0px" scrolling="no"></iframe></p> http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/cmv/article/view/2630 Konsep Marketing Public Relations sebagai Strategi Pemasaran Politik dalam Kampanye Politik 2022-07-27T10:29:50+07:00 Sunarsih Sunarsih [email protected] Delvia Hajrianti [email protected] Artis Artis [email protected] <p>Tulisan pada artikel ini adalah mengenai bentuk <em>marketing public relations </em>(MPR) yang diterapkan dalam kampanye politik di Indonesia. Tulisan ini Lebih fokus lagi ingin melihat bagaimana penerapan konsep MPR dalam kampanye politik modern. Data yang disajikan adalah penggunaan data sekunder yang disajikan dalam bentuk analisis deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Dari tulisan ini menunjukkan manfaat dari konsep <em>Marketing Public Relations </em>dalam kampanye politik modern di Indonesia.</p> 2022-06-27T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/cmv/article/view/2631 Citra Politik Anies Baswedan Di Media Massa 2022-07-27T10:54:03+07:00 Aidil Haris [email protected] Asrinda Amalia [email protected] Khusnul Hanafi [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra politik Anies Baswedan di media massa, diantaranya di detik.com, okezone.com, dan tribunennews.com. Kajian ini dilatarbelakangi karena sorotan media massa terhadap Anies Baswedan yang begitu gencar untuk menjadi calon presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. Atas dasar tersebut maka peneliti ingin mengetahui lebih mendalam bagaimana citra politik Anies Baswedan di media massa. Metodologi yang digunakan adalah metodologi kualitatif dengan menggunakan analisis framing Robert. N. Entman. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa citra politik Anies Baswedan di media massa dibingkai secara positif. Realitas ini merupakan fakta riil dari sosok seorang Anies Baswedan yang cerdas, santun, tegas dan religius. Oleh karenanya, pada setiap pemberitaan yang dipublikasikan media massa menunjukkan citra politik Anies Baswedan menjadi positif di tengah-tengah khalayak.</p> 2022-07-27T10:48:44+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/cmv/article/view/2632 Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia dan Upaya Peningkatkan Melalui Aktivitas Marketing Public Relations 2022-07-27T10:13:10+07:00 Mawaddah Tujarah [email protected] Elsa Putri [email protected] Wilda Tut Taharah [email protected] <p class="Default" style="text-align: justify;"><span lang="IN" style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Times New Roman','serif'; color: windowtext;">Transportasi <em>online </em>saat ini marak di Indonesia dan menjadi alternatif baru bagi masyarakat karena efisien dan efektif. Salah satu transportasi <em>online </em>yang fenomena adalah PT. Go-Jek Indonesia yang menjadi pilihan masyarakat dalam mengantisipasi kemacetan Jakarta dan sekitarnya. Selain PT. Go-Jek, terdapat beberapa transportasi sejenis lannya yang beroperasi seperti PT.GRAB, UBER dan lainnya. Kondisi tersebut memunculkan persaingan di antara perusahan-perusahaan transportasi <em>online </em>yang harus menciptakan <em>brand </em>yang kuat di tengah masyarakat. Dalam Upaya tersebut peran <em>public relations </em>sangat penting untuk meningkatkan <em>Brand Awareness </em>di masyarakat. Fokus penelitan ini adalah peran <em>public relations </em>dalam mingkatkan kesadaran mereka PT. Go-Jek. Menggunakan teori strategi bauran pemasaran Humas Thomas L. Harris yang terkenal dengan konsep ā€ž<em>P.E.N.C.I.L.Sā€™</em>. Metode penelitian adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dilengkapi data. Kegiatan marketing <em>public relations </em>berlaku dalam meningkatkan <em>brand awareness </em>ke 7 strategi <em>marketing public relations</em>. Kegiatan seperti publikasi, melaksanakan kegiatan-kegiatan menarik, <em>establishgood </em>hubungan dengan masyarakat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, meningkatkan citra positif, menyediakan layanan, dan menambahkan fitur baru dalam jaringan yang disediakan kepada masyarakat. Semua hal itu sebagai upaya yang serius dan sungguh-sungguh PT. Go-Jek memberikan pelayanan terbaik kepadakonsumen khususnya dan masyarakat umum agar kesadaran merek PT. Go-Jek semakin kuat. </span></p> 2022-06-27T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##