STRATEGI POLITICAL MARKETING PASANGAN HM. WARDAN-H. SYAMSUDIN UTI PADA PILKADA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR TAHUN 2018

  • Muhammad Arif Universitas Abdurrab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh pasangan HM. Wardan–H. Syamsuddin Uti dalam memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer hasil penelitian tersebut mewawancarai informan dan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Sedangkan data sekunder berupa laporan dan dokumen resmi. Hasilnya menunjukkan bahwa pasangan HM. Wardan-H. Syamsuddin Uti dapat menerapkan strategi pemasaran politik dengan baik. Pemasaran politik pasangan HM. Wardan–H. Syamsuddin Uti lebih progresif dibanding kandidat lainnya. Pasangan HM. Wardan–H. Syamsuddin Uti menggunakan pendekatan pemasaran politik Product Oriented Party (POP). Memfokuskan produknya seperti catatan masa lalu, karakter atau kepribadian yang bisa dilakukan di masa lalu jauh sebelum Pilkada diadakan. Produk semacam itu dipromosikan melalui strategi pemasaran yang lewat dan mendorong pemasaran politik. Pemasaran politik dilakukan dengan cara kunjungan langsung ke desa-desa, rumah-rumah penduduk dan berpartisipasi dalam asosiasi atau organisasi baik formal maupun informal. Sedangkan pemasaran secara politis dilakukan melalui jalur partai politik, tokoh politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan kelompok organisasi pemuda, organisasi paguyuban, majelis ta’lim yang ikut menjadi relawan atau tim kampanye.

Keywords: strategi, marketing politik dan pilkada
Published
2019-04-25
Section
Articles
pdf
Abstract views: 470
downloads: 448