Hubungan Pengetahuan Pada Siswa/i Kelas V Tentang Oral Hygiene Dan Pola Makan Terhadap karies gigi di SDN 99 Kecamatan Sukajadi Kecamatan Pekanbaru

  • Lora Marlita keperawatan
  • Monalisa Monalisa

Abstract

ABSTRAK
Karies merupakan kerusakan yang terbatas pada jaringan gigi mulai dari email gigi hingga menjalar kedentin (tulang gigi).Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan pada siswa/i kelas v tentang oral hygiene dan pola makan terhadap karies gigi di SDN 99 kecamatan sukajadi kota pekanbaru.
Jenis desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini bersifat analitik yaitu jenis penelitian yang bertujuan mencari hubungan antara variabel independen dan dependen dengan pendekatan” Cross Sectional” yaitu variabel independen dan variabel dependen di ukur dalam waktu yang sama (Hidayat,2007). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas V SDN 99 Pekanbaru sebanyak 66 responden, sampel yang diambil menggunakan teknik total sampling yaitu keseluruhan dari populasi, dengan pengambilan data dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berpengetahuan cukup sebanyak 29 responden (43,9%).
Kesimpulan dari penelitian tersebut adanya hubungan yang bermakna antara pengetahuan siswa/i kelas V tentang oral hygiene dan pola makan terhadap karies gigi di SDN 99 Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Disarankan kepada siswa/i kelas V untuk terus mencari informasi tentang karies gigi dan merubah kebiasaan yang tidak baik yang dapat mengakibatkan terjadinya karies gigi.
Kata kunci : Pengetahuan Oral Hygiene dan Pola Makan

Published
2019-09-06
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 429
downloads: 369