EFEKTIVITAS METODE CERAMAH DAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KEPATUHAN REMAJA MENGKONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH

  • Linda Suryani PSD III Kebidanan STIKes Payung Negeri Pekanbaru

Abstract

ABSTRAK: Remaja putri salah satu kelompok yang rawan terhadap defisiensi zat besi karena dalam masa pertumbuhan puncak. Pemberian tablet tambah darah sebagai salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan anemia. Data Riskesdas 2018, 76,2% remaja putri telah mendapatkan tablet tambah darah di sekolah, dari 76,2% yang mendapatkan tablet tambah darah hanya 80,9% yang mengkonsumsi tablet tambah darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode ceramah dan diskusi kelompok terhadap kepatuhan remaja dalam mengkomsumsi tablet tambah darah. Jenis penelitian adalah kuantitatif, desain penelitian Quasi eksperimen menggunakan metode Non quivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 16 Pekanbaru pada bulan November 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja putri yang ada di SMP Negeri 16 Pekanbaru berjumlah 384 orang, sampel remaja puteri umur 15 tahun yang berjumlah 60 Orang. Pengambilan sampel dengan cara total sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Pengolahan data dengan editing, coding, Entry dan tabulating. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariate menggunakan uji T-test dependent/ t- paired test, Hasil uji statistic  nilai P value = 0,000 (0,000<0,05). Artinya ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukan metode ceramah dan diskusi kelompok. Dapat disimpulkan bahwa metode promosi kesehatan yang paling efektif dalam meningkatkan kepatuhan remaja putri dalam mengkonsumsi tablet tambah darah adalah metode diskusi kelompok. Diharapkan pihak SMP Negeri 16 Kota Pekanbaru bekerja sama dengan instansi kesehatan lainnya untuk dapat meningkatkan promosi kesehatan kepada remaja putri khususnya tentang tablet tambah darah dengan metode diskusi kelompok.

Keywords: Kata Kunci : Metode Ceramah, Diskusi Kelompok, Remaja, Tablet Tambah Darah

References

Soetjiningsih, Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya. jakarta: CV Sagung Seto, 2010.

R. Kemenkes, “Peraturan Menteri Kesehatan RI No 88 Tahun 2014 Tentang Standar Tablet Tambah Darah Bagi Wanita Usia Subur Dan Ibu Hamil,” jakarta, 2014.

R. Kemenkes, “Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas),” jakarta, 2018.

Notoatmodjo, Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Waryana, Promosi Kesehatan, Penyuluhan, dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika, 2016.

K. P. Dinas kesehatan, “Profil Kesehatan Kota Pekanbaru Tahun 2017,” Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Pekanbaru, 2017.

R. M. Kansil JF, Katuuk ME, “Pengaruh Pemberian Eduksai Dengan Metode Focux Group Discussion Terhadap Kepatuhan Minum Obat Penderita Hipertensi Di Puskesmas Tahuna Barat,” E-Jurnal Keperawatan (e-Kp), vol. Vol 7, 2019.

F. N. Yulinda A, “Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah Dan Audiovisual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Sadari Di SMKN 5 Surabaya,” J. Promkes, vol. Vol 6, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Hidayat, Metode Peneltian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. jakarta: Salemba Medika, 2012.

Notoadmodjo, Metode Penelitian Kesehatan. jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Kozier, Buku Ajar Keperawatan Klinis Edisi 5. jakarta: EGC, 2010.

Mubarak, Ilmu Kesehatan Masyarakat Teori Dan Aplikasi. jakarta: Salemba Medika, 2009.

D. Wawan, Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika, 2010.

Djamarah, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Wijiastuti, “Efektivitas Penyuluhan Dengan Metode Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Ibu Tentang Pencegahan Pneumonia Pada Balita Di Wilayah Puskesmas Banjarnegara,” Universitas Negeri Semarang, 2011.

E. Akbar ZSL, Lumongga, NL, Yahrial, “Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak Tentang Phbs Di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2013,” J. USU, vol. Vol 2, 2013.

Published
2020-01-24
PDF
Abstract views: 53
downloads: 45