EFEKTIFITAS PELATIHAN TENTANG METODE ASUHAN PASCA KEGUGURAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KADER POSYANDU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBINAAN PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA DI BANDUNG BARAT

  • Lina Haryani Stikes Jend. Ahmad Yani Cimahi
  • Ranti Widiyanti STIKes Jendral Ahmad Yani Cimahi
  • Mitra Kadarsih STIKes Jendral Ahmad Yani Cimahi

Abstract

Pendahuluan: Peran kader posyandu dalam promosi program keluarga berencana dan kontrasepsi pada wanita masih terbatas khususnya pada wanita yang mengalami pasca keguguran. Peran kader dalam asuhan pasca keguguran komprehensif dalah satunya dengan memberikan informasi mengenai penggunaan kontrasepsi bagi wanita pasca keguguran sebagai upaya dalam mendukung program keluarga berencana dan meningkatkan kualitas pembinaan kampung KB.

Tujuan: penelitian untuk mengetahui efektifitas pelatihan asuhan pasca keguguran dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap kader posyandi.

Metode: penelitian menggunakan quasi experiment one grup pre post test design yang dilakukan pada 30 kader yang mendapat pelatihan asuhan pasca keguguran komprehensif. Pengetahuan dan sikap diukur menggunakan kuesioner.

Hasil: penelitian menunjukan bahwa pelatihan asuhan pasca keguguran pada kader posyandu terbukti efektif hal tersebut dapat terlihat dari peningkatan pengetahuan dan sikap kader posyandu sebelum dan setelah diberikan perlakuan.

Rekomendasi: penelitian lebih lanjut dengan menghubungkan beberapa variabel dan karakteristik responden yang memengaruhi pelatihan.

Keywords: Pelatihan, Asuhan pasca keguguran, Kader, Keluarga Berencana
Published
2021-07-25
PDF
Abstract views: 19
downloads: 12