HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI RADIOLOGI SENTRAL RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU TAHUN 2015

The Relation Quality Of The Service For Satisfaction Outpatiens In Installation Central Radiology Hospital Arifin Achmad Pekanbaru 2015

  • Jihan Natassa STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sangat dipengaruhi oleh kualitas sarana fisik, jenis tenaga yang tersedia, obat dan alat kesehatan, serta proses pemberian pelayanan. Survey awal penelitian dengan menggunakan kuisioner kepada 30 pasien, dari 30 responden persentase merasa tidak puas sebanyak 57,38% sedangkan yang puas hanya 42,62%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Radiologi Sentral RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Pekanbaru Tahun 2015. Jenis Penelitian ini adalah penelitian analitik kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional Observasional. Waktu penelitian bulan Mei – Juni 2015. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang melakukan pemeriksaan Thorax Foto di Instalasi Radiologi Sentral RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diambil secara accidental sampling. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan komputerisasi. Dari hasil pengumpulan data diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kehandalan dengan kepuasan pasien p value = 0,764.  (p >alpha 0,05), terdapat hubungan yang bermakna antara ketanggapan dengan kepuasan pasienp value = 0,020 (p <alpha 0,05), jaminan dengan kepuasan pasien p value = 0,006 (p <alpha 0,05), perhatian dengan kepuasan pasien p value = 0,000 (p <alpha 0,05), bukti fisik dengan kepuasan pasien p value = 0,001 (p <alpha 0,05). Dapat disimpulkankan bahwa dari 5 variabel hanya 1 variabel yang tidak berhubungan antara mutu pelayanan di Instalasi Radiologi Sentral RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Oleh karena itu diharapkan kepada pihak rumah sakit agar dapat melakukan perbaikan, peningkatan dan pengembangan mutu pelayanan kehandalan, ketanggapan, perhatian, jaminan, dan bukti fisik di Instalasi Radiologi Sentral.

 

DaftarPustaka  : 23 (2005-2015)

Kata Kunci       : Mutu Pelayanan, Kepuasan, Pasien Rawat Jalan

Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan, Pasien Rawat Jalan
Published
2019-12-31
Unduh Artikel
Abstract views: 84
downloads: 64