HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN BEBAN KELUARGA DENGAN TINGKATAN SKIZOFRENIA

Indonesia

  • Edo Gusdiansyah STIKes Alifah Padang
  • Weni Mailita STIKes Alifah Padang

Abstract

Skizofrenia merupakan suatu sindrom klinis atau proses penyakit yang mempengaruhi kognitif, persepsi, emosi, perilaku, dan fungsi sosial. Diperkirakan sekitar 26,2% mengalami gangguan jiwa meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dukungan dan beban keluarga dengan skizofrenia. Jenis penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di wilayah kerja puskesmas Kuranji Padang, pada bulan Desember s/d Februari 2021. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan skizofrenia berjumlah 30 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan wawancara, analisis data secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66,7% pasien dengan skizofrenia berat, 63,3% dukungan keluarga kurang baik dan 70,0% beban keluarga tinggi. Hasil uji statistik terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga (p= 0,000) dan beban keluarga (p= 0,000) dengan skizofrenia. Apabila keluarga memiliki dukungan yang baik maka kien akan patuh minum obat, dan keluarga tidak merasa terbebani atas kehadiran klien dan menerika kekurnan klien. Diharapkan kepada petugas kesehatan khususnya perawat memberikan penyuluhan, pembentukan kader kesehatan jiwa dan home visit kepada keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan skizofrenia sehingga keluarga lebih mengetahui lagi pentingnya pemberian obat dan dukungan untuk mencegah kekembuhan terhadap pasien skizofrenia.

Keywords: Skizofrenia, Dukungan Keluarga dan Beban Keluarga.

References

Andreansen, N. (2018). Broken Brain, The Biological Revolution in Psychiatry. Nuhamedika.

Dadang Hawari. (2018). Pendekatan Holistik Pada Gangguan Jiwa Skizofrenia. FK-UI.

Fatma Zahra Rohana. (2016). Hubungan Dukungan Instrumental dengan Beban pada Anggota Keluarga Skizofrenia di Poli Klinik Keperawatan Jiwa RSJ Grhasia Provinsi DIY. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Fontaine, K. . (2019). Mental Health Nursing Sixth Edition, New Jersey.

Friedman. (2018). Keluarga : Teori dan Praktek : alih bahasa , Achir Yani S, Hamid…(et al) : editor edisi bahasa Indonesia, Estur Tiar, Ed.5 (EGC (ed.)).

Iyus Yosep. (2017). Keperawatan Jiwa. Refika Aditama.

Keliat, B. . (2016). Peran Serta Keluarga Dalam Perawatan Kien Gangguan Jiwa. EGC.

Keliat, B. . dan P. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart (1st ed.). Elsevier.

Maramis, W. . (2016). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Airlangga University Press.

Mohr, W. K. (2016). Psychiatric Mental Health Nursing (6th edition). Lippincott Williams & Wilkins.

Nasir, A & Muhith, A. (2019). Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa. Salemba Medika.

Rega Saputra. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat pada Pasien yang Mengalami Gangguan Jiwa di Poli Rawat Jalan RSJD Surakarta. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Riskesdas. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan RI. Kementrian Kesehatan RI.

Stuart. (2016). Principles and Practice of Psychiatric Nursing ((5 Edition). Mosby.

Stuart, G. . & S. (2015). Principles and Practice of Psychiatric Nursing. (5th edition). St.Louis. Mosby.

Tamher & Noorkasiani. (2019). Kesehatan Usia Lanjut dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Salemba Medika.

Tanjung Laksono Utomo. (2018). Hubungan Antara Faktor Somatik, Psikososial dan Sosio-Kultur dengan Kejadian Skizofrenia di Instalasi Rawat Jalan RSJD Surakarta. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Videbeck, S. L. (2017). Psychiatric Mental Health Nursing (4 rd Ed). Lippincot Williams & Wilkins.

World Health Organization (WHO). (2018). World Health Statistic.

Yudi Pratama. (2018). Hubungan Keluarga Pasien Terhadap Kekambuhan Skizofrenia di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Jiwa Aceh. Universitas Aceh.

Yunus Taufik. (2015). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kekambuhan pada Pasien Skizofrenia di Poliklinik Rumah Sakit Jiwa Grhasia DIY. STIKes Aisyiyah Yogyakarta.
Published
2021-06-28
UNDUH ARTIKEL
Abstract views: 818
downloads: 593