PENGARUH TERAPI BERMAIN VEGETABLE EATING MOTIVATION (VEM) TERHADAP PERILAKU MAKAN SAYURAN

  • novi yanti keperawatan
  • Emulyani Emulyani
  • Malisa Zahyani

Abstract

ABSTRAK

 

Konsumsi sayur diperlukan tubuh sebagai sumber vitamin, mineral dan serat dalam mencapai pola makan sehat dengan gizi seimbang untuk kesehatan yang optimal. Penanaman kebiasaan hidup sehat, temasuk kebiasaan makan yang baik seharusnya dilakukan untuk anak saat usia prasekolah. Usia prasekolah (3-5) tahun merupakan kebutuhan yang krusial untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Terapi bermain merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan cara bermain untuk memberikan stimulus yang dapat meningkatkan perilaku asertif pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bermain Vegetable Eating Motivation (VEM) terhadap perilaku makan sayuran pada anak prasekolah. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan desain penelitian quasi-experiment dengan pendekatan pre and post test without control yang mana peneliti akan melakukan intervensi pada satu kelompok tanpa pembanding (kontrol). Efektifitas perlakuan dinilai dengan cara membandingkan nilai pre test dengan post test. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive dan sampel penelitian berjumlah 18 orang. Analisa yang digunakan yaitu dependent T-test. Hasil uji statistik didapatkan nilai rata-rata konsumsi sayur sebelum diberikan intervensi yaitu 38,22 dengan standar deviasi (SD) 18,236 dan setelah diberikan intervensi yaitu 68,11 dengan standar deviasi (SD) 18.304. Hasil analisa diperoleh p value sebesar 0,000 < α (0,05), maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan konsumsi sayuran pada anak prasekolah setelah diberikan terapi bermain Vegetable Eating Motivation (VEM).

 

Kata Kunci                           : Konsumsi sayur, prasekolah, Terapi bermain

 

ABSTRACT

 

Consumption of vegetables the body needs vitamins, minerals and fiber in achieving a healthy diet with balanced nutrition for optimal health. Planting healthy habits, including the good eating habits should be done to children during the preschool years. Preschool (3-5) in a crucial requirement for optimal growth and development. Play therapy is a series of activities carried out by way of play to give a stimulus to improve assertive behavior in children. The purpose of this study was to determine the effect of play therapy Vegetable Eating Motivation (VEM) on feeding behavior in preschool children vegetables. Type of research is quantitative with quasi-experimental research design with pre-post and post-test approach without control Which one Researchers will intervene in a comparison group without (control). Effectiveness of the treatment was assessed by comparing the value of the pre-test to post-test, Sampling was conducted using purposive and sample amounted to 18 people. The analysis used is dependent T-test. Statistical test results obtained average value of the consumption of vegetables before the given intervention is 38.22 with a standard deviation (SD) 18.236 and after a given intervention is 68.11 with a standard deviation (SD) 18 304. The results of the analysis, the p value of 0.000 <α (0.05), it can be concluded there was an increase of vegetable consumption in preschool children after therapy plays Vegetable Eating Motivation (VEM).

 

Keywords: Consumption of vegetables, preschooler, play therapy

Keywords: Keywords: Consumption of vegetables, preschooler, play therapy
Published
2017-12-18
Unduh Artikel
Abstract views: 493
downloads: 1292