Penerapan Teknik Total Task Presentation untuk Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian pada Disabilitas Intelektual Berat

(Submitted 2 Maret 2020) (Published 3 Agustus 2020)

  • Syarifah Rachmedi Amran Program Studi Magister Psikologi Profesi, Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga
  • Dewi Retno Suminar Program Studi Magister Psikologi Profesi, Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga

Abstract

Kriteria dalam menegakan diagnosa disabilitas intelektual berat salah satunya adalah memiliki hambatan fungsi adaptif. Salah satu bentuk permasalahan fungsi adaptif yang dimiliki individu dengan disabilitas intelektual berat adalah permasalahan dalam keterampilan bina diri yang di dalamnya termasuk berpakaian. Individu dengan disabilitas intelektual berat merupakan individu yang mampu dilatih dengan intens dalam hal keterampilan bina diri sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bina diri berpakaian pada individu remaja dengan disabilitas intelektual berat. Subjek dalam penelitian ini adalah laki-laki berusia 15 tahun yang didiagnosa disabilitas intelektual berat. Penelitian ini menggunakan metode dengan desain single case ABA. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah total task presentation. Penerapan teknik dilakukan dengan total 9 sesi yang terdiri dari 1 sesi pengukuran baseline dan 8 sesi penerapan total task presentation. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik total task presentation dapat meningkatkan keterampilan bina diri berpakaian pada individu dengan disabilitas intelektual.

Keywords: disabilitas intelektual berat, keterampilan bina diri berpakaian, total task presentation

References

Akhmetzyanova, A. I. (2014). The development of self-care skills of children with severe mental retardation in the context of lekoteka. World Applied Sciences, 29, 724–727. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2014.29.06.13922

Association, A. P. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders. Pediatria Integral (5 ed., Vol. 17). Washington DC: American Pcychiantric.

Christensen, L, B., Johnson, R, B., & Turner, L, A. (2015). Research methods, design, and analysis, 12th Edition. England: Pearson.

Hallahan D.P., Kauffman, J.M. & Pullen, P. . (2009). Exceptional learners: An introduction to special education (11th Ed.). Bostom: Pearson.

Handayani, V. (2009). Melatih Keterampilan Berpakaian Anak Keterbelakangan Mental Ringan dengan Menggunakan Teknik Total Task Presentation Chaining. Psikomedia, 6(2), 19–28.

Hapsari, C. K., & Hartiani, F. (2018). Penerapan prinsip modifikasi perilaku untuk meningkatkan kemampuan menyikai gigi pada anak dengan sisabilitas intelektual berat. Psikologi, 17(2), 119–130.

IRIS, E. (2012). Teaching routine to children who have ASD : A parent’s guide to the ABC method.

Kusharyani, F., Kurnianingrum, W. (2017). Penerapan total task presentation dalammeningkatkan kemampuan mengosok gigi pada anak moderate intellectual disability. Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 32–40.

Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Jilid 1). Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3).

Martin, G., & Pear, J. (2003). Behavior modification : what it is and how to do it (7th ed). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Miltenberger, R. G. (2016). Behavior modification principles and procedures (6th ed.). Kanada: Nelson Education.

Mustikawati, A., Kurnianingrum, W. (2018). Penerapan forward chaining dalam meningkatkanKemampuan mandi secara mandiri pada remaja dengan Mild intellectual disability. Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(1), 154–164.

Myers, A., & Hansen, C. (2006). Experimental psychology (6th ed.). USA: Thompson Wodsworth.

Silmina, A. ., & Djuwita, E. (2018). Penerapan modifikasi perilaku untuk meningkatkan kemampuan memakai kaos berlengan pada anak dengan disabilitas intelektual tingkat berat. Humaitas, 2(1), 1–14.

Utami, A. R., & Tedjasaputra, M. S. (2018). Penerapan teknik total task presentation untuk meningkatkan keterampilan buang air kecil pada anak dengan disabilitas intelektual moderat. Psikologi, 17(2), 161–173.

Published
2020-08-03
Section
Articles
pdf
Abstract views: 705
downloads: 557