Terapi Aba dengan Media Kartu Huruf dalam Meningkatkan Identifikasi Huruf Pada Remaja Tunagrahita

(Submitted 31 Desember 2020) (Published 31 Agustus 2021)

  • Uvynavelia Hardysta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Anak tunagrahita pada umumnya mengalami hambatan pada kemampuan intelektualnya sehingga mempengaruhi kemampuan akademiknya. Membaca adalah salah satu bentuk kemampuan akademik. Dasar dari kemampuan membaca adalah mengidentifikasi huruf. Applied Behavior Analysis (ABA) merupakan salah satu metode terapi yang terstruktur, terukur dan terarah sehinggga dalam melaksanakannya perlu perencanaan yang baik sesuai dengan kebutuhan anak, memiliki tahapan dan tujuan yang jelas. Media kartu huruf dapat meningkatkan minat dalam mengikuti kegiatan terapi dan membantu memvisualisasi simbol berupa huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas terapi ABA dengan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan identifiksai huruf pada remaja laki-laki tunagrahita sedang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian single case experiment dengan A-B design yang bertujuan mengkaji secara mendalam pemberian sebuah intervensi. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode purposive sampling oleh sebab itu berdasarkan rancangan eksperiman kasus tunggal subjek dari penelitian ini adalah remaja tunagrahita sedang berusia 15 tahun. Proses intervensi dilakukan sebanyak 8 kali sedangkan pengambilan baseline sebanyak 3 kali. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi dalam bentuk lembar kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dari grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi ABA dengan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan identifikasi huruf pada remaja laki-laki tunagrahita sedang.

Keywords: Applied behavior analysis, tunagrahita sedang, identifikasi huruf

References

American Association on Intellectual and Developmental Disabilities (aaidd). (2017). Intellectual Disability. American Association on Intellectual and Developmental Disabilities (Aaidd).

Astuti, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavioral Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 251–266.

Chandra, R. D. A. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, I, U, E, O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun Paud Labschool Jember. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 62–71. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp62-71

Efendi, M. (2017). Psikopedagogik Anak Berkebutuhan Khusus. UMM Press.

Elly, S. N. (2013). Meningkatkan Kemampuan membaca kata melalui metode fenotis bagi anak tunagrahita sedang. JUPPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1(2), 161–175. https://doi.org/doi.org/10.24036/jupe11550.64

Erford, B. (2015). 40 Teknik yang Harus Diketahui Konselor. Pustaka Pelajar.

Handojo. (2013a). Autisma : Petunjuk Praktis & Pedoman Materi untuk Mengajar Anak normal, Autis dan Perilaku Lain. PT. Bhuana Ilmu Populer.

Handojo. (2013b). Autisme pada Anak. PT. Bhuana Ilmu Populer.

Hasan, M. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini. Diva Press.

Jessy, M., & Diswantika, N. (2019). Efektivitas Terapi Applied Behavior Analysis (Aba) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus Autisme. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 105–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1353

Johnson, E. O. (2012). The Parent’s Guide In-Home ABA Programs. Jessica Kingsley Publisher.

Kementrian Sosial Republik Indonesia. (2020). Kemensos Dorong Aksesibilitas Informasi Ramah Penyandang Disabilitas. Biro Humas Kementrian Sosial RI. https://kemensos.go.id/kemensos-dorong-aksesibilitas-informasi-ramah-penyandang-disabilitas

Kuswati, W., & Komalasari, D. (2015). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Melalui Media Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 4(2), 1–6.

Lisdiana, A., Hidayat, & Haryono, E. (2016). Modul Guru Pembelajaran PLB Autis Kelompok Kompetensi C. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK TK dan PLB) Bandung.

Ma’ruf, A., & Maghfiroh, L. (2017). Penggunaan Metode Aba (Applied Behavior Analysis) Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Autis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Slb Negeri Pandaan. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(203–228).

Marlina. (2011). Aplikabilitas Metode Applied Behavior Analysis untuk Mengurangi Perilaku Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorders). INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(1), 39–52. https://doi.org/doi.org/10.24090/insania.v16i1.1577

Muhdiar, F. A., & Handayani, E. (2019). Efektivitas Teknik Repeated Oral Reading Dan Implementasi Teknik-Teknik Modifikasi Perilaku Dalam Meningkatkan Kelancaran Membaca Pada Anak Dengan Mild Intellectual Disability. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi (Journal Psychology of Science and Profession), 3(2), 114–122. https://doi.org/doi.org/10.24198/jpsp.v3i2.21872

Mujaddid. (2014). Kesehatan Anak dengan Disabilitas. Buletin Jendela Data Dan Informasi Kesehatan, II, 25–30.

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51–66. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.4

Pratiwi, M. S. (2011). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang University Press.

Saifudin, M., & Syadzwina, I. (2017). Program Studi S1 Keperawatan STIKes Muhammadiyah Lamongan. 09(01), 44–52.

Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini. INDEKS.

Soeriawinata, R. (2018). Verbal Behavior & Applied Behavior Analysis Membantu Anak Autisme dan ABK Menemukan Fungsi Bahasa. CV. Otak Atik Naskah.

Published
2021-08-30
Section
Articles
pdf
Abstract views: 1001
downloads: 800