Kebosanan Akademik dan Kecanduan Gadget Selama Pandemi Covid-19 Pada Remaja

(Submitted 8 September 2021) (Published 28 Februari 2022)

  • Muhammad ravi khan Universitas Abdurrab
  • Nurul Aiyuda Universitas Abdurrab
  • Muhammad Fadhli Universitas Abdurrab

Abstract

Kecanduan gadget menggambarkan perilaku seseorang yang berlebihan atau kompulsif dalam menggunakan gadget. Perilaku ini dapat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari, serta memungkinkan terjadinya masalah aspek sosial, emosional, mental, dan kultural. Diantara faktor yang dapat memengaruhi terjadinya kecanduan gadget adalah kebosanan akademik. Kebosanan akademik adalah keadaan gairah yang tidak optimal dalam dunia pendidikan, kurangnya minat dan motivasi belajar, tuntutan melebihi kemampuan individu dan kelelahan akibat kurangnya keterlibatan dengan rangsangan di lingkungan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kebosanan akademik dengan kecanduan gadget selama pandemic Covid-19 pada remaja. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini diperoleh menggunakan teknik purposive sampling sehingga menghimpun sebanyak 306 remaja yang berusia 13-17 tahun (106 laki-laki dan 200 perempuan) di Pekanbaru. Dua buah skala digunakan dalam pengumpulan data, yaitu skala kebosanan akademik dan skala kecanduan gadget. Hasil  yang signifikan ditemukan dalam penelitian ini yaitu adanya hubungan antara kebosanan akademik dengan kecanduan gadget pada remaja di Pekanbaru, yang berarti bahwa tinggi atau rendahnya kebosanan akademik memiliki korelasi dengan kecanduan gadget, dengan demikian hipotesis penelitian diterima.

Keywords: academic boredom, adolescents, gadget addiction.

References

Amri, M. I. U., Bahtiar, R. S, & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 14-23.

Asif, A. & Rahmadi, F. (2017). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi dan Perilaku Remaja Usia 11-12 Tahun. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6 (2), 148-157.

Candra, D & Masya, H. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 103-118.

Darwis, R., Mulyana, N., & Zahara, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Menggunakan Media Sosial Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 105-114.

Dewi, R. P., Yosef, & Harlina. (2017). Hubungan Antara Academic Self-Confidence Dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa Smk Negeri 1 Indralaya Utara. Konseling Komprehensif, 4(2), 14–27.

Elpidorou, A. (2020). Is boredom one or many? A functional solution to the problem of heterogeneity. Mind & Language. doi:10.1111/mila.12282

Essau, C. A. (2008). Adolescent Addiction :Epidemiology, Assesment and Treatment. NewYork : Elsevier Inc.

Griffiths, M. D. (2010). The Role of Context in Online Gaming Excess and Addiction: Some Case Study Evidence. Int J Ment Health Addiction.

Heine, S. J., Proulx, T., and Vohs, K. D. (2006). The Meaning Maintenance Model: On The Coherence Of Social Motivations. Pers. Soc. Psychol. Rev. 10, 88–110. doi: 10.1207/s15327957pspr1002_1.

Hutasuhut, C. (2020). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Game Online Di Smartphone Pada Remaja Di Kecamatan Tambang. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hyunjin, K., Jung, K., & Hsiang, R. (2010). Academic boredom in under- and over-challenging situations. Jurnal Contemporary Educational Psychology, 35, 17–27.

Isacescu, J., Struk, A. A., & Danckert, J. (2016). Cognitive and affective predictors of boredom proneness. Cognition and Emotion, 31(8), 1741–1748. doi:10.1080/02699931.2016.1259995.

Kumar, A. K & Sherkhane, M. S. (2018). Assessment of gadgets addiction and its impact on health among undergraduates. International Journal of Community Medicine and Public Health, 5(8):3624-3628

Kwon M., Kim, D-J., Cho H, & Yang, S.(2013) The Smartphone Addiction Scale: Development And Validation Of A Short Version For Adolescents. Journal PloS ONE, 8, 1-4.

Lestari, R & Sulian, I. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Siswa Kecanduan Handphone Studi Deskriptif Pada Siswa Di Smp Negeri 13 Kota Bengkulu. Jurnal Consilia, 3(1), 23-37.

Malkovsky, E., Merrifield, C., Goldberg, Y., & Danckert, J. (2012). Exploring the relationship between boredom and sustained attention. Experimental Brain Research, 221(1), 59–67. doi:10.1007/s00221-012-3147-z

Mercer-Lynn, K. B., Bar, R. J., & Eastwood, J. D. (2014). Causes of boredom: The person, the situation, or both?. Personality and Individual Differences, 56, 122–126. doi:10.1016/j.paid.2013.08.034.

Novianti, R. & Maria, I . (2020). Efek Penggunaan Gadget pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak. Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 74-81.

Ozerk, G. (2020). Academic Boredom:An Underestimated Challenge in Schools. International Electronic Journal of Elementary Education, 13(1), 119- 120.

Paturel, A. K. (2014). Game theory: how do video games affect the developing brains of children and teens?. Educational Forum, 36(4), 514-514. https://doi.org/10.1080/00131727209339022.

Pekrun, R., Goetz, T., Titz, W., & Perry, R. (2002). Academic Emotions In Students’Self-Regulated Learning And Achievement: A Program Of Qualitative Andquantitative Research. Educational Psychologist, 37, 91-105.

Putri, M., Kuntarto, E., & Alirmansyah. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Era Pandemi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 91-108, https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a8.20.

Rahayu, A. D. dan M. S. H. (2021). Sarana dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09, No. 1(Sarana pembelajaran daring), 186–199.

Rana, H. (2016). Impact of Student’s Burnout on Academic Performance/Achievement. Pollster Journal of Academic Research, 3(2), 159-174

Rohayani, f. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29-50.

Rossa, V. (2020). Kecanduan Internet pada Remaja Naik 19,3 Persen Selama Pandemi Covid-19. https: //www. suara. com/health/2020/08/05/205708/ kecanduan-internet-pada-remaja-naik- 19,3-persen-selama-pandemi-covid-19.

Sadikin, A & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224

Sa’ngadah, N., Arief, Y. S., & Krisnana, I. (2020). Gadgets addiction behavior towards social development in adolescents. EurAsian Journal of BioSciences, 14, 2733-2737.

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). E-Learning : Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Sofyan, S. (2010). Remaja dan Masalahnya. Bandung : Alfabeta.

Sudarsono. (2004). Kenalan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suhana, M. (2018). Influence of Gadget Usage on Children’s Social-Emotional Development. In International Conference of Early Childhood Education, 169, 224–227.

UNICEF. (2014). COVID-19 dan Anak-anak di Indonesia, Agenda Tindakan untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomi. Jakarta: United Nations Children’s Fund.

Wardhani, F. (2018). Student Gadget Addiction Behavior in the Perspective of Respectful Framework. Jurnal Konselor, 7(3), 116-117.

Weiner, B. (2012). Handbook of Theories of Social Psychology, Volume 1. Los Angeles: SAGE Publications

WHO. (2020). Coronavirus disease (Covid-19, April 28) advice for the public. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel- coronavirus2019/advice-for-public.

Widyaningrum, N., Djayanti Putri, Y., & Wilopo. (2020). Gambaran penerapan physical distancing sebagai upaya menekan persebaran Covid-19 di provinsi daerah istimewa Yogyakarta. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 470-481.

Yuwanto, L., & Umum, L. (2010). Mobile Phone Addict. Surabaya: Putra Media Nusantara.

Published
2022-02-28
Section
Articles
pdf
Abstract views: 709
downloads: 555