HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER IBU DENGAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SDIT BINTANG CENDEKIA

  • Nur Amanah Fakultas Psikologi, Universitas Abdurrab
  • Thahroni Thahroni Fakultas Psikologi, Universitas Abdurrab
  • Dinda Septiani Fakultas Psikologi, Universitas Abdurrab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiric hubungan antara pola asuh otoriter ibu dengan self-regulated learning. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 78 siswa kelas 5 dan kelas 6 SDIT dan Leadership Bintang Cendekia. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala pola asuh otoriter dari teori Ormrod (2009) dan skala self-regulated learning dari teori Ormrod (2009). Metode analisa data pada penelitian ini menggunakan SPSS statistik versi 19.00 dengan teknik korelasi Pearson produck moment. Hasil analisa data menunjukkan r = -0,034 dan p = 0,003 (p < (0,05). Pada penelitian menunjukkan hubungan negatif antara pola asuh otoriter ibu dengan self-regulated learning siswa SDIT dan Leadership Bintang Cendekia. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan pada penelitian ini dapat diterima.

Keywords: Pola Asuh Otoriter Ibu, Self-Regulated Learning
Published
2017-11-28
Section
Articles
pdf (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 347
downloads: 410