SISTEM SECURITY WEBCAM DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC (6.0)

  • Julfikar Ali Andre Dosen Tetap Jurusan Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
Keywords: sistem security webcam, deteksi gerak, pengolahan citra

Abstract

Webcam (Web Camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Selama ini, aplikasi webcam hanya digunakan untuk merekam dan menampilkan objek, tetapi belum pernah digunakan untuk aplikasi lain seperti aplikasi keamanan yang digunakan untuk mendeteksi gerakan objek. Webcam tidak dapat memberikan informasi tentang gerak suatu objek, objek pasif atau aktif. Karena itu, penelitian untuk meningkatkan sistem untuk dapat mendeteksi gerakan dari gambar yang tertangkap dari webcam ini perlu dilakukan.
Sistem deteksi gerak dari sebuah objek bekerja jika objek tertangkap memiliki posisi berubah, dan secara otomatis akan mengaktifkan alarm. Metode pengolahan citra yang digunakan dalam deteksi gerakan metode deteksi tepi, sedangkan untuk proses deteksi gerak, proses perbandingan posisi pixel yang digunakan.

Author Biography

Julfikar Ali Andre, Dosen Tetap Jurusan Teknik Informatika, STMIK Amik Riau

Dosen Tetap Jurusan Teknik Informatika, STMIK Amik Riau

Published
2016-07-10
How to Cite
Ali Andre, J. (2016). SISTEM SECURITY WEBCAM DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC (6.0). Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(2), 46-58. https://doi.org/10.36341/rabit.v1i2.23
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 197
downloads: 258