PERENCANAAN TRAFFIC LIGHT SIMPANG EMPAT JL. HR SOEBRANTAS PANAM – JL. RAYA PEKANBARU – JL. KUBANG RAYA – JL. GARUDA SAKTI KOTA PEKANBARU

  • Muthia Anggraini Universitas Lancang Kuninh
  • Ery Irawan
  • Winayati winayati Program Studi Teknik Sipil Universitas Lancang Kuning

Abstract

Simpang empat Jalan HR Soebrantas, Jalan Raya Pekanbaru, Jalan Kubang Raya, dan Jalan Garuda Sakti Pekanbaru merupakan jalan raya yang padat akan kendaraan, dan sering terjadi masalah dikarenakan tidak adanya lampu lalu lintas untuk mengatur lalu lintas pada simpang tersebut. Untuk itu perlu  direncanakan traffic light pada simpang empat tersebut agar dapat mengatasi kemacetan yang terjadi dan mengurangi tingkat kecelakaan, dan dapat membuat lalu lintas pada simpang empat tersebut berjalan dengan baik, aman, dan nyaman. Tujuan penelitian untuk merencanakan traffic light pada persimpangan Jalan HR Soebrantas, Jalan Raya Pekanbaru, Jalan Kubang Raya, dan Jalan Garuda Sakti. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode dari Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Hasil penelitian didapat volume lalu lintas maksimum terjadi pada hari senin tanggal 17 Februari 2020, perencanaan dengan 2 fase didapat hasil waktu siklus 33 detik dengan derajat kejenuhan <0,65, perencanaan 3 fase didapat waktu siklus 77 detik dengan derajat kejenuhan <0,85 dan perencanaan 4 fase didapat hasil waktu siklus 145 detik dengan derajat kejenuhan 0,90. Kesimpulan yang didapat dari hasil perencanaan, persimpangan lebih baik digunakan pengaturan 3 fase karena waktu siklus yang didapat lebih kecil dari waktu siklus layak yaitu 77 detik < 100 detik dengan derajat kejenuhan < 0,85.

References

[1] R. Nasmirayanti, “Perencanaan Ulang Pengaturan Fase Alat Pengatur Lalu Lintas Pada Persimpangan Bersinyal Di Persimpangan Jl.Jend.Sudirman-Kismangun Sarkoso,” Rang Tek. J., vol. 2, no. 1, pp. 132–142, 2019.
[2] K. P. Umum, Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil. .
[3] M. Islah and Febriyanto, “Perencanaan Simpang Dengan Menggunakan Lampu Lalu Lintas,” J. Tek. Ind. Terintegrasi, vol. 1, no. 1, pp. 41–45, 2018.
[4] A. D. Wirianata, S. As, and Sumiyattinah, “Perencanaan Traffic Light Pada Simpang Jalan Jenderal Urip Sumoharjo-Jalan Hos Cokroaminoto-Jalan Johar-Jalan Merdeka Kota Pontianak,” pp. 1–10.
[5] A. Sanjaya, E. Sulandari, and S. Basalim, “Perencanaan Traffic Light Pada Simpang Jl.Purnama - Jl. M.Sohor-Jl. Letjen Sutoyo Kota Pontianak,” pp. 1–13.
[6] H. Azwansyah, “Perencanaan Sinyal Lalu Lintas Persimpangan Tiga Lengan Pada Jl.Imam Bonjol-Jl.Abdul Rahman Saleh Kota Pontianak,” J. ELKHA, vol. 9, no. 2, pp. 8–13, 2017.
[7] H. Azwansyah and F. Juniardi, “Perencanaan Sinyal Lampu Lalu Lintas Persimpangan Tiga Lengan Pada Jl . Tanjung Raya II – Jl . Panglima Aim Kota Pontianak,” J. ELKHA, vol. 7, no. 1, pp. 42–47, 2015.
Published
2021-06-30
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 26
downloads: 23