PERANCANGAN PROGRAM ANALISIS STRUKTUR PORTAL BIDANG BERBASIS ANTARMUKA PENGGUNA GRAFIS

  • Endryco Candyawan Universitas Atma Jaya Makassar
  • Richard Frans Universitas Atma Jaya Makassar
  • Hendry Tanoto Kalangi Universitas Atma Jaya Makassar

Abstract

Perhitungan manual dalam analisis struktur terbilang rumit, menghabiskan waktu yang lama, dan rentan terjadi kesalahan dalam proses perhitungan. Meskipun sudah ada program analisis struktur yang canggih, tetapi belum tentu pengguna dapat mempelajari cara penggunaan program tersebut dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu, dalam tulisan ini dirancang program analisis struktur untuk portal bidang. Tujuannya yaitu untuk membuat program yang diharapkan dapat user friendly sehingga dapat membuat pengguna lebih mudah dalam mempelajari dan menggunakan program tersebut. Program yang dirancang dalam tulisan ini menggunakan metode matriks kekakuan langsung. Program dibuat mengunakan aplikasi MATLAB R2017a dengan tampilan APG (Antarmuka Pengguna Grafis). Kemudian program diuji melalui dua contoh kasus, di antaranya struktur portal 3 batang dan struktur portal 2 lantai. Selain itu, program telah dibandingkan dengan SAP2000 v14. Dalam program ENDSTRIS ini, beberapa fitur yang dibuat yaitu perhitungan reaksi perletakan, gaya-gaya batang, deformasi (perpindahan dan rotasi), diagram momen, diagram geser, diagram normal dan garis elastisitas. Hasil analisis yang didapatkan dengan menggunakan ENDSTRIS tidak berbeda dengan hasil yang didapatkan dengan menggunakan perhitungan SAP2000 v14.

Keywords: analisis struktur portal bidang, Antarmuka Pengguna Grafis, matriks kekakuan langsung, ENDSTRIS

References

Arfiadi, Y. 2011. Analisa Struktur dengan Metode Matriks Kekakuan. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Arfiadi, Y. 2016. Analisa Struktur dengan Program Matlab dan Freemat. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Boen, T. & Supartono, F.X. 1987. Analisa Struktur dengan Metode Matrix. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Chavarria, S.L., Elizondo, M.M., Kalashnikov, V.V., & Rojas, A.L. 2016. A Mathematical Mode of Elastic Curve for Simply Supported Beams Subjected to A Concentrated Load Taking Into Account The Shear Deformation. International Journal of Innovative, Computing, Information and Control. (Online), Vol.12, No.1, (https://www.researchgate.net/publication/301625786, diakses 8 Agustus 2021).

Daszkiewicz, K. 2011. The Influence of Shear Deformation in Analysis of Plane Frames. (Online), (https://www.researchgate.net/publication/311592991, diakses 1 Agustus 2021).

Harahap, J.T., Sumajouw, M.D.J., & Wallah, S.E. 2016. Analisis Struktur Rangka Cara Kekakuan: Sebagai Alat Bantu Alternatif Dalam Perhitungan Struktur. Jurnal Ilmiah Media Engineering. (Online), Vol. 6, No. 3, (https://www.neliti.com/id/publications/99637/analisa-struktur-cara-kekakuan-sebagai-alat-bantu-alternatif-dalam-perhitungan-s, diakses 2 November 2020).

Hibbeler, R.C. 2012. Structural Analysis Eighth Edition. Prentice Hall.

Kassimali, A. 2011. Structural Analysis Fourth Edition. Cengage Learning.

Kassimali, A. 2012. Matrix Analysis of Structures Second Edition. Cengage Learning.

Liliana, Soekresno, F.,Tjong, W.F. & Virgin, S. 2014. Pengembangan Website untuk Pembelajaran Analisis Struktur Rangka dengan Metode Kekakuan Langsung. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil. (Online), (https://media.nelti.com/media/publications/79891/pengembangan-website-untuk-pembelajaran-analisis-struktur-rangka-dengan-metode-k, diakses Rabu, 19 Mei 2021).

MathWorks. 2005. Getting Started with MATLAB. The MathWorks, Inc.

MathWorks. 2015. MATLAB Creating Graphical User Interface. The MathWorks, Inc.

Tjiwanda, A.A. 2020. Pengembangan Aplikasi Analisis Struktur Rangka Batang Bidang Berbasis Antarmuka Pengguna Grafis. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Program Sarjana Universitas Atma Jaya Makassar.

Published
2022-12-31
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 283
downloads: 191