OPTIMALISASI KINERJA PERSIMPANGAN TIDAK SEBIDANG PADA KAWASAN PERBELANJAAN MALL SKA – LIVING WORLD (SIMPANG JL. TUANKU TAMBUSAI – JL. SOEKARNO HATTA) DI PEKANBARU

OPTIMALISASI KINERJA PERSIMPANGAN TIDAK SEBIDANG PADA KAWASAN PERBELANJAAN MALL SKA – LIVING WORLD (SIMPANG JL. TUANKU TAMBUSAI – JL. SOEKARNO HATTA) DI PEKANBARU

  • Ridwan Helmi Universitas Riau

Abstract

Intersection Jl. Tuanku Tambusai – Jl. Soekarno - Hatta is a non-level APILL intersection which is in the SKA - Living World Mall Shopping Area, Peaknbaru City. Existing performance at Simpang Jl. Tuanku Tambusai – Jl. Soekarno - Hatta namely degree of saturation 1.05, intersection delay 645.5 seconds, and queue 371.10 m. This study aims to analyze the existing conditions using the PTV Vissim application simulation and the application of alternative scenarios for handling the problem. From the results of the analysis obtained several alternative scenarios for handling traffic problems at the Jl Intersection. Tuanku Tambusai – Jl. Soekarno - Hatta namely the diversion of traffic conflicts in scenario 1, setting the cycle time in scenario 2 and widening the road in scenario 3

Keywords: Intersections, Queues, Delays, PTV Vissim

References

Badan Pusat Statistik Kota Pekanbaru, 2019, 2020, 2021, Kota Pekanbaru Dalam Angka

Departemen Pekerjaan Umum, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga dan Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta

Hormansyah D.S, Sugiarto V, Amalia E.L, (2016) Penggunaan Vissim Model Pada Jalur Lalu Lintas Empat Ruas.

Direktorat Jendral Bina Marga,1970.” Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan Raya No.13/1970”

Pada Lumba, jurnal Iptek (2009), Analisis Jaringan Jalan Kota Bandung Setelah Beroperasinya Flyover Pasupati dan Flyover Kiaracondong.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 79 Tahun 2013, Jaringan Lalu intas dan Angkutan Jalan.

Rama Dwi Aryandi, 2014, FSTPT International Symposium, Jember University, 22-24 August 2014 Penggunaan Software Vissim Untuk Analisis Simpang Bersinyal (Studi Kasus Simpang Mirota Kampus Terban Yogyakarta).

Rosid Hudoyo (2006), Efisiensi Rencana Fly over Kalibanteng Kota Semarang Dalam Mengatasi Kemacetan Dari Sisi Pengguna.

Sukirman, Silvia,1994, “ Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya “, Bandung.

Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009, Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Published
2023-06-26
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 100
downloads: 99