EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KLINIS DENGAN METODE PEMBUATAN VIDEO MANDIRI DAN DEMONSTRASI LANGSUNG ONLINE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ABDURRAB
Abstract
Pembelajaran online menjadi tantangan tersendiri untuk institusi pendidikan. Salah satunya adalah dalam melakukan pembelajaran keterampilan klinis yang efektif meskipun memiliki berbagai macam kendala. Oleh karena itu, untuk mencapai suatu tujuan dalam pembelajaran keterampilan klinis perlu dilakukan evaluasi dengan metode pembelajaran demostrasi langsung online dan pembuatan video mandiri untuk melihat persepsi dari mahasiswa yang akan berpengaruh terhadap pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini dilakukan secara cross sectional dengan cara purposive random sampling pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab tahun ketiga dan keempat. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon didapatkan perbedaan bermakna antara pembuatan video mandiri dan demonstrasi langsung online, dimana persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran keterampilan klinis dengan pembuatam video mandiri lebih baik dibandingkan dengan metode demonstasi langsung online. Hal ini karena dengan pembuatan video mandiri, mahasiswa lebih paham pembelajarannya dan memiliki kesempatan untuk mengulang rekaman video. Metode pembuatan video mandiri lebih efektif dibandingkan dengan demonstrasi langsung online sebagai salah satu metode pembelajaran keterampilan klinis online.
References
[2] Ratna Kusuma Astuti, Titih Huriah, M. A. (2017) ‘integrasi metode demonstrasi dan audiovisual terhadap peningkatan psikomotor pada pembelajaran skills laboratory integration of demonstration and audiovisual methods on psychomotor improvement on learning skills laboratory’, 14, pp. 37–43.
[3] Callister, R. R., & Love, M. S. (2016). A Comparison of Learning Outcomes in Skills-Based Courses: Online Versus Face-To-Face Formats. Journal of Innovative Education, 14(2), 243–256. https://doi.org/10.1111/dsji.12093
[4] Srinivasa K, Chen Y, Henning, MA. (2020). The Role of Online Videos in Teaching Procedural Skills to Post-Graduate Medical Learners: A Systematic Narrative Review. Medical Teacher. 42(6): 1-9. Available at https://www.researchgate.net/publication/339942905
[5] Baety, D. N. and Munandar, D. R. (2021) ‘Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi COVID-19’, EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), pp. 880–889. Available at: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/476.
[6] Budiman, H. (2016) ‘Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran, Al-Tadzkiyyah: , Vol. 7, (2016), h. 177’, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(45), p. 177.
[7] Rohmawati, A. (2015) ‘Efektivitas Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), pp. 15–32.
.
Copyright (c) 2024 Collaborative Medical Journal (CMJ)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Collaborative Medical Journal (CMJ)
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Collaborative Medical Journal (CMJ) is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.