HUBUNGAN NYERI HAID DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MAHASISWI D-III KEBIDANAN UNIVERSITAS ABDURRAB
Abstract
Dismenore yakni nyeri menstruasi dikarakteristikkan sebagai nyeri singkat sebelum atau selama menstruasi. Nyeri ini berlangsung selama satu sampai beberapa hari selama mentruasi. Nyeri haid memiliki dampak bagi remaja putri karena menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara nyeri haid dengan aktivitas belajar pada mahasiswi D-III Kebidanan Universitas Abdurrab. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain penelitian analitik menggunakan metode Cross- Sectional Study, dimana jumlah populasi 55 orang dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan menggunakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan secara editing, coding, tabulating. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian dari 55 orang yang mengalami nyeri haid sebanyak 30 orang (54,5%) dan yang tidak mengalami nyeri haid sebanyak 25 orang (45,5%), sedangkan yang mengalami gangguan aktivitas belajar sebanyak 28 orang (50,9%) dan yang tidak mengalami gangguan aktivitas belajar sebanyak 27 (49,1%). Hasil uji Chi-square diperoleh p-value < dari α (0,011 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara nyeri haid dan aktivitas belajar mahasiswi D-III Kebidanan Universitas Abdurrab.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Collaborative Medical Journal (CMJ)
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Collaborative Medical Journal (CMJ) is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.