POLA KOMUNIKASI BUDAYA ANTAR ETNIS PARA PEDAGANG DI PASAR SAGO PEKANBARU

  • Asrinda Amalia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Aidil Haris Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Beranekaragamnya kebudayaan di Pasar Sago membuat para pedagang harus beradaptasi dengan cara berkomunikasi. Dengan tidak mengedepankan masalah konflik yang sering terjadi maka komunikasi diharapkan berjalan dengan lancar. Metode pengkajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan menjelaskan bagaimana proses interaksi antaretnis antara pedagang etnis Pribumi dan pedagang etnis Tionghoa. Sedangkan penelitian ini menggunakan tipe deskripsi kualitatif, di mana peneliti mendeskripsikan atau mengkonstruksikan wawancara-wawancara mendalam terhadap subjek penelitian di Pasar Sago Pekanbaru, maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa streotip, budaya, dan karakter masing individu berpengaruh dalam penghambat dan pendukung pada proses komunikasi, ssehingga pola komunikasi antar etnis berjalan secara dua arah. Proses komunikasi antar etnis yang dilakukan oleh pedagang dengan latar belakang kebudayaan berbeda dilakukan melalui proses tatap muka secara langsung, selain itu proses komunikasi juga dilakukan dengan menggunakan simbol yang berupa komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.

Published
2021-12-31
Section
Articles