STRATEGI PUBLIC RELATIONS RSIA ANNISA PEKANBARU DALAM CORPORATE REBRANDING MENJADI RUMAH SAKIT BERBASIS SYARIAH

  • Muhammad Arif Universitas Abdurrab
  • Agnesy Tri Arta Zewani M Universitas Abdurrab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi public relations RSIA Annisa dalam corporate rebranding menjadi rumah sakit berbasis syariah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakanadalah triangulasi data dimana data yang didapat hasilnya dibandingkan lalu dianalisa dan diberikan kesimpulan sesuai dengan data yang telah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RSIA Annisa melakukan corporate rebranding sesuai dengan elemen promotion mix seperti advertising, public relations, personal selling, direct
marketing, sales promotions dan publisitas yang didasari dari konsep integrated marketing communication. Peran public relations menjadi kunci utama dalam proses corporate rebranding dalam menjalankan program baru menjadi rumah sakit berbasis syariah. Pada tahapan evaluasi public relations melakukan rapat mingguan, bulanan dan
tahunan sebagai bentuk untuk mengukur keberhasilan pelayanan rumah sakit yang baru pada tahapan proses corporate rebranding menjadi rumah sakit berbasis syariah. 

Published
2021-12-31
Section
Articles