PENGARUH KREATIFITAS IKLAN MELALUI PENGGUNAAN ENDORSER POCARI SWEAT UNTUK APLIKASI SMARTPHONE TERHADAP MINAT BELI KOMUNITAS

  • Muhammad David Hendra Universitas Abdurrab

Abstract

Strategi perusahaan dalam promosi untuk memasarkan produknya sangat beragam, salah satunya dengan iklan. Untuk mencapai keefektifan dalam sebuah iklan maka akan diperlukan sebuah iklan yang kreatif dan menarik bagi target market. Kreatif iklan dalam sebuah promosi terbagi dari bermacam-macam iklan, penelitian ini akan melihat seberapa besar pengaruh kreativitas iklan melalui penggunaan endorser. Endorsement diartikan sebagai media untuk mengkomunikasikan sebuah merek yang dimana selebritis berperan untuk mempromosikan produk tersebut dengan memanfaatkan potensi yang ada pada diri selebriti yaitu dari kepribadian, popularitas serta citra yang melekat pada diri mereka ataupun seseorang yang ahli dalam produk yang ingin di promosikan. Faktor dari endorser yang meliputi kredibilitas endorser, keselarasan endorser dengan produk, kejelasan makna dalam iklan, juga multiple brand terhadap minat beli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivis. Dalam penelitian ini, Pocari Sweat menggunakan selebriti Endorser yaitu Jessica Veranda dan Nabilah dalam mempromosikan produknya. Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Endorser terhadap minat beli komunitas (penggemar JKT48). Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 96 orang responden yang merupakan komunitas atau penggemar JKT48. Pengolahan data menggunakan analisis regresi dengan SPSS 16.0. Dari Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat pengaruh positif variabel kreatifitas iklan melalui penggunaan endorser (kredibiltas, keselarasan, kejelasan dan multiple brand) yang dimiliki oleh endorser terhadap minat beli komunitas (penggemar JKT48).

Keywords: Kreatifitas Iklan, Endorsement, Minat Beli
Published
2018-08-13
Section
Articles
Pdf (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 576
downloads: 489