PERANAN HYDROTERAPI WUDHU PADA PEMBELAJARAN ANAK CEREBRAL PALSY
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan anak cerebralpasy di SLB Negeri Pembina Pekanbaru yang mengalami masalah pada kemampuan motorik halusnya saat pembelajaran, yang disebabkan kasus adanya spastisitas, kejang otot, refleks primitif, kontrol postural, penurunan aktivitas fungsional, gangguan sensorik. Cerebral Palsy (CP) adalah kumpulan gejala kelainan perkembangan motorik dan postur tubuh akibat gangguan perkembangan otak pada rahim atau masa depan anak - anak. Penyebab Cerebral palsy dapat dibagi menjadi 3 bagian: prenatal, natal dan post natal.Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan hidroterapi wudhu dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran bagi anak cerebral palsy. Penelitian menggunakan metode Single Subject Research (SSR), dengan disain A-B-A dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Hasil penelitian menunjukkan, kemampuan pembelajaran anak cerebral palsy meningkat
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Ilmiah Fisioterapi
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Ilmiah Fisioterapi is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.