PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN LADDER DRILL DAN LATIHAN ZIG-ZAG RUN TERHADAP KELINCAHAN PADA PEMAIN FUTSAL DI JOGOKARYAN FUTSAL ACADEMY

Authors

  • Laila Usamah Annabila Universitas 'Aisyiyah Yogyakkarta
  • Shofhal Jamil Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36341/jif.v8i1.5235

Keywords:

Ladder Drill Exercise, Zigzag Run Exercise, Agility

Abstract

Futsal adalah olahraga tim yang membutuhkan kelincahan tinggi. Pemain harus mampu bergerak cepat, mengubah arah tiba-tiba, dan menguasai teknik dasar seperti mengontrol, menendang, dan menggiring bola. Kelincahan penting untuk mendukung performa pemain, namun sering kurang mendapat perhatian dalam pelatihan. Penurunan kelincahan dapat berdampak pada kemampuan bermain dan meningkatkan risiko cedera. Dua metode latihan untuk kelincahan adalah ladder drill dan zig-zag run. Ladder drill melatih koordinasi kaki menggunakan tangga di lantai, sementara zig-zag run melibatkan lari berbelok melewati rintangan. Mengetahui perbedaan pengaruh latihan ladder drill dan latihan zig-zag run terhadap kelincahan pada pemain futsal di jogokaryan futsal academy. Eksperimental dengan rancangan pre and post test two group design, Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah 22 orang dengan program latihan selama 4 minggu 2x pertemuan. Kelompok I diberikan intervensi latihan ladder drill dan kelompok II diberikan intervensi latihan zig-zag run. Alat ukur pada penelitian ini adalah Agility Test. Hasil analisis data pada kelompok I dan II menunjukkan nilai p=0,01 (p<0,05) berarti ada pengaruh pada setiap kelompok dan terjadi peningkatan kelincahan pada pemain futsal. Hasil analisis menunjukkan nilai p=0,85 (p>0,05) berarti tidak ada perbedaan pengaruh latihan ladder drill dan latihan zig-zag run terhadap kelincahan pada pemain futsal di Jogokaryan Futsal Academy. Tidak terdapat perbedaan pengaruh latihan ladder drill dan latihan zig-zag run terhadap kelincahan pada pemain futsal di Jogokaryan Futsal Academy. Pada penelitian selanjutnya, disarankan untuk menggunakan variabel yang lebih banyak dan menggunakan rentang usia yang lebih beragam.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-02-17