Hubungan Pengetahuan Pada Siswa/i Kelas V Tentang Oral Hygiene Dan Pola Makan Terhadap karies gigi di SDN 99 Kecamatan Sukajadi Kecamatan Pekanbaru
Abstract
ABSTRAK
Karies merupakan kerusakan yang terbatas pada jaringan gigi mulai dari email gigi hingga menjalar kedentin (tulang gigi).Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan pada siswa/i kelas v tentang oral hygiene dan pola makan terhadap karies gigi di SDN 99 kecamatan sukajadi kota pekanbaru.
Jenis desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini bersifat analitik yaitu jenis penelitian yang bertujuan mencari hubungan antara variabel independen dan dependen dengan pendekatan” Cross Sectional” yaitu variabel independen dan variabel dependen di ukur dalam waktu yang sama (Hidayat,2007). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas V SDN 99 Pekanbaru sebanyak 66 responden, sampel yang diambil menggunakan teknik total sampling yaitu keseluruhan dari populasi, dengan pengambilan data dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berpengetahuan cukup sebanyak 29 responden (43,9%).
Kesimpulan dari penelitian tersebut adanya hubungan yang bermakna antara pengetahuan siswa/i kelas V tentang oral hygiene dan pola makan terhadap karies gigi di SDN 99 Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Disarankan kepada siswa/i kelas V untuk terus mencari informasi tentang karies gigi dan merubah kebiasaan yang tidak baik yang dapat mengakibatkan terjadinya karies gigi.
Kata kunci : Pengetahuan Oral Hygiene dan Pola Makan
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Ilmiah Fisioterapi
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Ilmiah Fisioterapi is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.