HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN IQ PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK AISIYAH 7 PEKANBARU
Abstract
Pola asuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan
anaknya yaitu bagaimana sikap antara perilaku orang tua saat berinteraksi
dengan aanak, termasuk caranya menerapkan aturan, mengajarkan nilai atau
norma, memberikan perhatian dan kasih saying serta menunjukkan sikap dan
perilaku yang baiksehingga dijadikan contoh atau panutan bagi anaknya.
Kecerdasan Intelektual (IQ) adalah kemampuan untuk bekerja secara abstrak,
baik menggunakan ide-ide, symbol, hubungan logis, dan kemampuan konsepkonsep teoritis. Kemampuan untuk mengenali dan belajar serta menggunakan
abstraksi tersebut. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah termasuk
masalah yang baru. Tujuan dari penelitiian ini untuk mengetahui ada atau tidak
hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan intelektual pada anak usia
prasekolah. Desain penelitian ini adalah correlational dengan pendekatan
cross sectional menggungakan teknik total sampling dengan sampel 37
responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner.
Hasil penelitian menggunakan uji Square didapatkan bahwa tidak terdapat
hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan intelektual karena p
value =0,490 > (0,05). Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa tidak
terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan intelektual pada anak
usia prasekolah di TK Aisyiah 7 Pekanbaru.
Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan Abdurrab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Keperawatan Abdurrab
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Keperawatan Abdurrab is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.