HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN IQ PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK AISIYAH 7 PEKANBARU

  • iyang Maisi fitriani STIkes Payung Negeri
  • Afrida Sriyani Harahap
  • Nur Andriani

Abstract

Pola asuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan
anaknya yaitu bagaimana sikap antara perilaku orang tua saat berinteraksi
dengan aanak, termasuk caranya menerapkan aturan, mengajarkan nilai atau
norma, memberikan perhatian dan kasih saying serta menunjukkan sikap dan
perilaku yang baiksehingga dijadikan contoh atau panutan bagi anaknya.
Kecerdasan Intelektual (IQ) adalah kemampuan untuk bekerja secara abstrak,
baik menggunakan ide-ide, symbol, hubungan logis, dan kemampuan konsepkonsep teoritis. Kemampuan untuk mengenali dan belajar serta menggunakan
abstraksi tersebut. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah termasuk
masalah yang baru. Tujuan dari penelitiian ini untuk mengetahui ada atau tidak
hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan intelektual pada anak usia
prasekolah. Desain penelitian ini adalah correlational dengan pendekatan
cross sectional menggungakan teknik total sampling dengan sampel 37
responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner.
Hasil penelitian menggunakan uji Square didapatkan bahwa tidak terdapat
hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan intelektual karena p
value =0,490 > (0,05). Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa tidak
terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan intelektual pada anak
usia prasekolah di TK Aisyiah 7 Pekanbaru
.

Keywords: Intellectual Intelligence, Parenting
Published
2021-12-28
UNDUH ARTIKEL
Abstract views: 194
downloads: 587