DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP HARGA DIRI (SELF ESTEEM) REMAJA DI PEKANBARU

  • Saniya Saniya Universitas Abdurrab

Abstract

ABSTRAK

 

Harga diri adalah penilaian yang dilakukan oleh seseorang individu untuk dirinya berkaitan dengan  individu, dan bullying bisa terjadi di mana saja, di lingkungan sekolah maupun di tempat umum. Perilaku agresif (bullying) yang terjadi mengakibatkan berbagai dampak fisik dan psikis, dampak psikologis seperti trauma psikologis, rasa takut, rasa tidak aman, dendam, menurunnya semangat belajar, daya konsentrasi, kreativitas, hilangnya inisiatif, serta daya tahan (mental) siswa, menurunnya rasa percaya diri, dan adanya tekanan beban fikrian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak perilaku bullying terhadap harga diri (self esteem)  remaja di SMAN 5 Pekanbaru. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kolerasi dengan pendekatan cross sectional. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat melalui uji Chi-Square dengan menggunakan tekhnik pengambilan snowball sampling. Terdapat dampak  perilaku bullying terhadap harga diri remaja, dengan nilai p value=0.010<0.05. Diharapkan penelitian ini dapat memberi pengetahuan dan wawasan bagi responden yaitu remaja, sehingga dapat menurunkan tingkat perilaku agresif (bullying) sesama remaja.

 

Kata Kunci      : self esteem, bullying

Daftar bacaan : 50 (2009-2017)

 

THE IMPACT OF BEHAVIOR BULLYING TO SELF ESTEEM (SELF ESTEEM) ADOLESCENT SMAN 5 PEKANBARU

ABSTRACT

The value of self-worth is the assessment performed by individuals to themselves associated with individuals, and bullying can occur anywhere, in the school environment and in public. The aggressive behavior (bullying) has caused various physical and psychic effects, psychological effects such a psychological trauma, fear, insecurity revenge, erosion, coordination, creativity, loss of intiative, and endurance of students, declining confidence, and the pressure of the dismay. The purpose of this study is to identify the repercussions of bullying for the young self (self esteem) the young man in the new SMAN 5 Pekanbaru. The design of this research is a descriptive clarity with a cross sectional approach. Analysis of what was used was a univariate analysis and bivariat using the chi-square test using the tee-sampling technique. There is an effect of bullying behavior against the youth’s  self-esteem, with the value of p value= 0.010<0.05. it is hoped that this study can give knowledge and insight for the people who are a youth, so that it can lower their level of aggressive behavior (bullying). 

Keywords    : self esteem, bullying

Reading List: 50 (2009-2017)

Keywords: Keywords : self esteem, bullying
Published
2019-06-25
Unduh Artikel
Abstract views: 2395
downloads: 3355