ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL PROYEK JALAN TOL MELALUI PENDEKATAN STOKASTIK
Studi Kasus Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Seksi-1
Abstract
ABSTRAK
Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Dumai seksi-1 termasuk percepatan pembangunan jalan tol Sumatera, penelitian ini melakukan analisis kelayakan finansial pada investasi jalan tol Pekanbaru-Dumai seksi-1 dengan konsesi single period, analisa pendekatan stokastik dengan bantuan sofware -at-risk versi 7.6.1 serta pendekatan deterministik sebagai pembanding, Investasi jalan tol Pekanbaru-Dumai seksi-1 sebesar Rp. 1.766.858.970.000 dengan proporsi ekuiti sebesar Rp.1.236.808.000.000 dan dept sebesar Rp. 530.050.970.000. Hasil perhitungan NPV dengan metode pendekatan deteriministik pada risiko rendah Rp. 100.247,04 juta, risiko sedang Rp. 99.492,09 juta, risko tinggi Rp. 97.280,99 juta, serta dengan pendekatan stokastik pada risiko rendah Rp. 574.617,27 juta, risko sedang Rp. 544.400,74 juta, risko tinggi Rp. 512.530,56 juta. Berdasarkan hasil analisis, maka proyek jalan tol Pekanbaru-Dumai seksi-1, layak secara finansial.
References
Andreas Wibowo1,2, Februari 2017, Perkembangan terkini dalam pembiayaan infrastruktur yang melibatkan partisipasi Badan Usaha.
Ardina Rahmalia, Fahmi Akmal Hasani, Djoko Purwanto *), Wahyudi Kushardjoko *) Jurnal Karya Teknik Sipil Volume 5, Nomor 1, Tahun 2016, Halaman 11 –24, Analisa Kelayakan Pembangunan Jalan Tol Pemalang – Batang.
Alfian, oktober 2013, yang telah melakukan Kajian Analisa Sensitivitas Pertumbuhan Lalu-lintas dan Probabilitas Risiko pada Pembangunan Jalan Tol Ketagori Priority Project.
Alfian1, Imam Suprayogi2, Ari Sandhyavitri3, 2016, yang telah melakukan Kajian Analisis Karekteristik Lalu lintas Jalan Tol Trans Sumatera (Studi Kasus Ruas jalan Tol Medan – Binjai)
Alfian 2016, Yang telah melakukan Kajian Analisa Sensitivitas Variabel Berisiko pada Pembangunan Infrastruktur Rencana Ruas Jalan Tol kandis – Dumai.
Ari Sandhyavitri, Alvian Malik, Imam Suprayogi, Manyuk Fauzi, Ridwan Rahman., 2018, Risk and Uncertainty in the Medan-Binjai Toll Road Infrastructure Project, Indonesia Based on the Stochastic Analyzes.
Dani Widiatmoko, Tahun 2008, yang telah melakukan Kajian Model Stokastik Kelayakan Finansial Proyek Jalan Tol Berbasis Adjusted Present Value (APV) Studi kasus Ruas Jalan Tol dalam Kota Bandung.
Djoen San Santoso1, Tri Basuki Joewono2, Andreas Wibowo3, Harlan P.A. Sinaga4 and Wimpy Santosa2,. 2003.Public-Private Partnerships for Tollway Construction and Operation: Risk Assessment and Allocation from the Perspective of Investors.
Heni Fitriani1, Puti Farida2, dan Andreas Wibowo3 juni 2006 Kajian Penerapan Model VPV - at – Risk Sebagai Alat untuk melakukan Evaluasi Investasi pada Proyek Infrastruktur Jalan Tol.
Lara A. El-Amm Bachelor of Engineering American University of Beirut, 2001,. Risk Management in Toll Road Concessions.
Lukas B. Sihombing 1, Yusuf Latief 2, Andreas Wibowo 3, Ayomi Dita Rarasati 4, Khrisna Yudi 5, Wuri Anny Yumantini 6 April 2018 Critical Succes Factor of Deep-disscount Project bonds for Toll Road financing Indonesia.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 19 April 2016, Penetapan Rencana Usaha Pengusahaan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai .
Reini D. Wirahadikusumah#, Sapitri*, Betty Susanti$, Biemo W. Soemardi#,. 2018 Risk in Government’s Estimate for Toll Road: Based on Investors’ Perspective
[15] Skretaris Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) dengan Direksi PT.Hutama Karya tanggal 15 April 2016, Berita Acara Kesepakatan Tentang Pengusahaan JalanTol Pekanbaru-Dumai.
Soumia Belouafa*, Fatima Habti, Saïd Benhar, Bouchaïb Belafkih, Souad Tayane, Souad Hamdouch, Ahmed Bennamara, and Abdelmjid Abourriche., 2016,. Statistical tools and approaches to validate analytical methods: methodology and practical examples.
Yudi Harto Suseno, Muhammad Agung Wibowoa, Bagus Hario Setiadji., 2015,. Risk analysis of BOT scheme on post-construction toll road.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the RACIC : Rab Construction Research
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that RACIC : Rab Construction Research is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.