PERBANDINGAN KINERJA PENGECORAN ANTARA CONCRETE-BUCKET DAN CONCRETE-PUMP PADA PROYEK BANGUNAN BERTINGKAT

  • Rachmi Yanita Institut Teknologi Indonesia
  • Nurdiyanto Nurdiyanto Institut Teknologi Indonesia

Abstrak

Pada pelaksanaan konstruksi beton cast insitu, metode pengecoran direncanakan dengan baik sehingga dapat selesai tepat waktu dengan biaya yang efisien. Metode pengecoran yang umum digunakan adalah dengan menggunakan concrete-pump dan concrete-bucket yang digunakan secara bersamaan khususnya untuk bangunan tinggi. Penelitian ini bertujuan mendapatkan waktu, biaya dan produktivitas pekerjaan pengecoran beton pada plat lantai, balok dan kolom suatu proyek studi di Jakarta, khususnya pada lantai 7 sampai 11 yang merupakan lantai tipikal, menggunakan metode concrete-bucket pada kolom  dan concrete-pump untuk pelat dan balok. Dilakukan analisa terhadap tahapan prosedur pengerjaan, waktu dan biaya pelaksanaan pengecoran dan produktifitas kedua metode pengecoran tersebut sesuai volume pelat balok dan kolom.Hasil analisa menunjukan bahwa waktu dan produktivitas setiap lantainya berbeda-beda karena semakin tinggi elevasi lantai maka akan semakin panjang waktu pengerjaannya sehingga semakin menurun produktivitasnya. Diperoleh bahwa biaya untuk pengoperasian alat pengecoran  menggunakan Concrete Pump adalah Rp. 76.727.868 atau Rp 81.270,912/m3, dengan durasi pengerjaan 7,58 menit/m3 lebih cepat dan produktivitas volume per jam yang lebih tinggi daripada concrete bucket. Sedangkan biaya concrete-bucket yang digunakan secara bersamaan untuk pengecoran kolom biayanya lebih tinggi daripada concrete pump, mencapai Rp. 53.388.724 atau Rp 127.877,183/m3 karena terkait dengan penggunaan Tower Crane.

Kata Kunci : Metode pengecoran, concrete pump, concrete bucket,  produktivitas, waktu dan biaya

Kata Kunci: Metode pengecoran, concrete pump, concrete bucket, produktivitas, waktu dan biaya

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Frederika,A. dan Widhiawati, I. A. R., 2017. Analisis Produktivitas metode pelaksanaan pengecoran beton ready mix pada balok dan pelat lantai gedung.

Asyurhok Sujanadi,dkk.2014. Produktivitas pengecoran beton ready mix.

Sudipta, I Gusti Ketut. 2018. “Analisis Kelayakan Proyek Pembangunan Perumahan Di Kabupaten Jembrana”. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Nanda, T, R,dkk.2017. Analisa Perbandingan Waktu dan Produkivitas Pengecoran menggunakan Concrete Bucket dan Concrete Pump Pada pembangunan gedung bertingkat.

Jawat, I Wayan., A., dan Armaeni,NI Komang. 2018 .Produktivitas truck concrete pump dan truck mixer pada pengerjaan pengecoran beton ready mix.

Husen, Abrar.2010. Manajemen Proyek.Penerbit : ANDI, Yogyakarta.

Rostiyanti, S, F. 2008. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi.Jakarta : Rineka Cipta.

Dr.Ir.Erizal,MAgr. Alat Berat Konstruksi Alat Pengangkat Crane.2017.

Yulin Patrisia dan Revianti Coenraad. Pemodelan Matematis Produktivitas Concrete Pump Pada Pekerjaan Beton Proyek Konstruksi di Palangka raya. 2014

Setiawan, Mohammad Hendri. 2016. Proyek Pembangunan Apartemen Candiland. Semarang.

Ridho,Muhamad Rasyid.2020. Analisis Produktivitas Dan Efisiensi Pada Pekerjaan Pengecoran Pelat Lantai, Balok dan Kolom Menggunakan Concrete Bucket Dan Concrete Pump Pada Gedung Bertingkat. Jakarta : Institut Teknologi PLN.

Rhebi, M, Y, dkk.2017. Analisa Penerapan Manajemen Waktu Ada Proyek Bangunan Perkantoran Revistar 3 Lantai Graha Dewata Malang. 1 (2):1- 6

Yodie Hermandi, dkk. 2020. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Pekerja Pada Pelaksanaan Konstruksi Gedung Bertingkat. Jurnal Mitra Teknik Sipil. 3 (2): 299 – 312

Diterbitkan
2023-11-14
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 104
downloads: 86