ANALISIS STRUKTUR RANGKA BATANG 2D DENGAN METODE MATRIKS KEKAKUAN MENGGUNAKAN APLIKASI PTC MATHCAD DAN ANALISIS SAP2000

  • Muhammad yazid Universitas Abdurrab
  • Rizki Ramadhan Husaini Universitas Abdurrab
  • Sukri Sukri Universitas Abdurrab
  • Deri Islami Universitas Abdurrab
  • Teddy Julio Gunawan Universitas Abdurrab
  • Muhammad Defri Wahyudi Universitas Abdurrab

Abstrak

Analisis struktur rangka batang 2 dimensi (plane truss) dapat dilakukan dengan dengan metode matriks dengan rumus matriks kekakuan untuk mendapatkan gaya-gaya dalam yang terjadi. Metode matriks kekakuan dapat dengan mudah diuraikan dengan aplikasi PTC Mathcad. Dengan aplikasi PTC Mathcad ini tahapan-tahapan dalam analisis metode matriks dapat dengan jelas terlihat tahapan-tahapan metode matriks mulai yaitu membuat model rangka batang, membuat matriks kekakuan lokal, membuat matriks transformasi, membuat matriks kekakuan global, menyusun matriks kekakuan struktur, susun partisi dan re-arrangement matriks kekakuan struktur, menghitung displacement dalam koordinat lokal dan global, menghitung gaya dalam masing-masing batang dan menghitung gaya reaksi perletakan. Tujuan penelitian ini adalah yaitu untuk membuat program sederhana menggunakan Bahasa pemrograman PTC Mathcad untuk menganalisis rangka batang 2 dimensi dan membandingkan hasil pemrograman sederhana tesebut dengan hasil analisis SAP2000. Hasil perbandingan yang didapat pada nilai joint displacement/perpindahan dan nilai gaya batang antara aplikasi PTC Mathcad dan SAP2000 didapat hasil rata-rata dibawah 2%. Untuk analisis reaksi terhadap tumpuan analisis menggunakan PTC Mathcad sama dengan analisis SAP2000 untuk reaksi vertikal dan untuk arah horizontal aplikasi SAP2000 mendapatkan hasil 1.25x10-13 adapun pada PTC Mathcad tidak ada.

Kata Kunci: struktur rangka batang 2 dimensi, plane truss, pemrograman sederhana, metode matriks kekakuan, PTC Mathcad, SAP2000.

Referensi

Adha, Apriliyanda Nur., Abdi, Fachriza Noor., Sutanto, Heri. (2020). Analisis Rangka Batang 2D Dengan Metode Matriks Kekakuan Menggunakan Aplikasi Matlab. Jurnal Teknologi Sipil Universitas Mulawarman. Samarinda.

Ariestadi, Dian. (2008). Teknik Struktur Bangunan Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Deshariyanto, Dwi., Diana, Anita Intan Nura., Fansuri, Subaidillah. (2022). Perbandingan Struktur Rangka Batang Statis Tertentu Menggunakan Metode Mekanika Klasik dan Program (SAP2000). Jurnal MITSU UNIJA Volume 10 No. 1 April 2022.

Hibbeler, Russell C (2002). Structural Analysis, fifth edition. Prentice Hall.

Inc, Computers & Structure. (2017). SAP2000 Version 20 CSI Analysis Reference Manual. Berkeley.

Inc, Mathsoft Engineering & Education. (2002). User’s Guide. Cambridge.

Manubulu, Christiani Chandra., Mooy, Merzy., Serra, Igidro Sampaio Soares. (2022). Analisa Rangka Batang 2D Menggunakan Metode Matriks Kekakuan Struktur Dan SAP2000. Eternitas : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 2 April 2022.

Musbar., Miswar, Khairul., Muhyi, Abdul., Riyadhsyah., Bahri, Syamsul. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Software PTC Mathcad Prime Untuk Lulusan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jurnal Vokasi Vol.6 No. 3 November 2022. Lhokseumawe.

Nasution, Amrinsyah. (2009). Metode Matrik Kekauan Analisis Struktur. Bandung: ITB.

Rukmana, Sukma Arfianti. (2020). Perbandingan Model Struktur Menggunakan Metode Matriks Dengan Program SAP2000. Jurnal Universitas Wiraja. Sumenep.

Wang, Chu Kia. (1983). Analisa Struktur Lanjutan Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Diterbitkan
2023-11-17
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 96
downloads: 59