PKM KELOMPOK USAHA LIZ SNACK DI KELURAHAN AIR DINGIN KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU

Authors

  • Nova Meirizha UMRI
  • Satriardi .
  • Febby Apri Wenando

DOI:

https://doi.org/10.36341/jpm.v3i1.1043

Keywords:

kemasan produk, makanan cemilan, manajemen, pelatihan

Abstract

Pertumbuhan usaha skala kecil dan menengah (UKM) berkembang mewarnai perekonomian di daerah, di mana keberadaannya menjadi salah satu cara dalam mengatasi angka pengangguran sekaligus menggerakkan roda perekonomian daerah. Salah satu bidang yang cukup menjanjikan dewasa ini adalah usaha makanan. Kelompok Usaha Liz Snack yang berada di Kelurahan Air Dingin adalah satu kelompok usaha yang memproduksi beberapa makanan cemilan. Kelompok usaha ini beranggotakan beberapa orang ibu  rumah tangga yang berdomisili di kelurahan yang sama. Produk-produk makanan cemilan yang sudah dihasilkan antara lain  brownies ubi ungu, brownies ketan, dan kripik rollpia crispy. Dalam menjalankan usahanya kelompok usaha Liz Snack menghadapi beberapa permasalahan. Dalam bidang produksi, rendahnya jumlah produksi karena keterbatasan alat bantu menjadi masalah utama. Selain itu, belum adanya standarisasi produk, keterbatasan modal, jangkauan pemasaran produk yang terbatas, serta bentuk kemasan yang kurang menarik juga menjadi permasalahan yang dihadapi mitra. Pelaksanaan kegiatan pengabdian meliputi beberapa kegiatan antara lain: melakukan pelatihan-pelatihan mengenai standarisasi produk, pembukuan keuangan sederhana, pengenalan dan cara mengikuti program CD/CSR instansi pemerintah ataupun swasta, pelatihan pembuatan web dan sosial media, serta pembuatan desain kemasan produk. Diharapkan dari kegiatan ini bisa menjadikan pemasaran produk menjadi semakin luas untuk produk dari Liz Snack.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-13

How to Cite

Meirizha, N., ., S., & Wenando, F. A. (2019). PKM KELOMPOK USAHA LIZ SNACK DI KELURAHAN AIR DINGIN KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(1), 65–70. https://doi.org/10.36341/jpm.v3i1.1043

Issue

Section

Articles