PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE MAPLE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI OSN TEORI BILANGAN DAN ALJABAR BAGI GURU MATEMATIKA TINGKAT SMA SE KABUPATEN PELALAWAN
Abstract
Universitas Riau sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan tinggi di Provinsi Riau mempunyai kewajiban untuk meningkatkan mutu dan professionalisme guru sebagai tenaga pendidik di sekolah. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat sudah banyak kegiatan yang telah dilakukan. Salah satunya adalah kegiatan yang telah kami lakukan di Kabupaten Pelalawan. Kami dari Jurusan Matematika FMIPA Universitas Riau melakukan kegiatan pelatihan penggunaan software Maple guru untuk meningkatkan pemahaman guru dalam materi teori bilangan dan aljabar. Agar lebih menarik materi pelatihan dikaitkan dengan materi Olimpiade Sains sehingga lebih menantang bagi guru peserta kegiatan. Pelaksanaan kegiatanpun lebih banyak workshop dari pada teori. Menggunakan laptop atau notebook masing-masing terlihat guru sangat menikmati kegiatan pelatihan yang dilakukan. Dalam empat hari kegiatan yang dilakukan kehadiran peserta adalah 100%. Sementara dari angket yang disebarkan 98% peserta merasa puas dengan adanya kegiatan ini . Kegiatan ini juga dapat dikatakan berhasil meningkatkan pemahaman guru dalam materi teori bilangan dan aljabar yaitu dengan melihat hasil pretes dan postes yang dilakukan. Lebih dari 97.5% peserta dapat menjawab dan menjelaskan dengan baik problem yang diberikan.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.