PELAYANAN PEMERIKSAAN KESEHATAN TELINGA HIDUNG TENGGOROKAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI PEDESAAN
Abstract
Kesehatan merupakan milik setiap manusia tak terkecuali anak-anak. Keadan sehat bagi anak-anak harus mendapatkan perhatian penuh untuk menunjang perkembangan individu. Keadaan sehat pada organ telinga, hidung, dan tenggorokan perlu diwujudkan sebagai salah satu upaya menuju Indonesia Sehat. Siswa SDN Gulon 2 merupakan siswa sekolah di pedesaan yang belum pernah memeriksakan kesehatannya, oleh karena itu diperlukan pemeriksaan telinga, hidung, dan tenggorokan. Pemeriksaan telinga, hidung dan tenggorokan dilakukan dengan bantuan senter dan spatula lidah untuk menilai bagian-bagian pada ketiga organ tersebut. Ditemukan kondisi telinga normal sebanyak 48,5% sedangkan sisanya terdapat serumen; kondisi hidung normal sebanyak 78,7%, sedangkan sisanya rhinitis akut; dan kondisi tenggorokan normal 66,7%, sedangkan sisanya tonsilitis kronis. Tatalaksana dilakukan terhadap telinga yang terdapat serumen apabila memungkinkan. Guru dan siswa sekolah dasar diberikan pendidikan kesehatan tentang kondisi telinga, hidung, dan tenggorokan berkaitan dengan pencegahan maupun tatalaksana selanjutnya apabila keadaan memberat. Kegiatan pengabdian masyarakat perlu dilakukan kepada siswa-siswa di sekolah dasar maupun tingkat lainnya terutama di pedesaan agar mereka memperoleh kesehatan yang optimal.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.