PENDAMPINGAN MODEL PROMOSI DIGITAL UMKM KERUPUK JANGEK PAK ALI PADA MASA NEW NORMAL DI KOTA PEKANBARU

  • Debi Setiawan Universitas Abdurrab
  • Liza Trisnawati Universitas Abdurrab
  • Diki Arisandi Universitas Abdurrab
  • Luluk Elvitaria Universitas Abdurrab
  • Ira Puspita Sari Universitas Abdurrab

Abstract

Untuk meningkatkan profit atau laba suatu usaha sangat diprioritaskan mempromosikan produk yang dihasilkan. Salah satu bentuk usaha yang sangat berkembang pesat di kota Pekanbaru saat ini adalah usaha kerupuk jangek. Kerupuk jangek Pak Ali adalah mitra tim pengabdi yang didampingi dalam penentuan model promosi dimasa new normal, dimana usaha beliau mengalami penurunan omset semenjak pandemi Covid-19. Beberapa permasalahan yang dihadapi adalah: 1. Turunnya omset penjualan kerupuk jangek pada masa covid 19, 2. Sulitnya dalam penentuan model promosi yang cocok dan menarik dalam penjualan produk. Tim pengabdi memberikan pendampingan model promosi selama satu bulan kepada usaha Kerupuk jangek Pak Ali dalam menghadapi masa new normal, diantaranya strategi membaca trend pasar, pemanfaatan platform media sosial, membangun image branding, dan promosi melalui aplikasi GOJEK. Setelah adanya pendampingan ini, usaha Kerupuk jangek Pak Ali sudah memiliki model promosi secara digital dan omset yang dihasilkan telah berangsur mengalami kenaikan hingga 40% dalam empat bulan terakhir.

Keywords: Pak Ali, Kerupuk Jangek, Model Promosi, Pandemi, New Normal

References

D. Amertaningtyas, “Mini review : Pengolahan kerupuk ‘ Rambak ’ kulit di Indonesia,” J. Ilmu-Ilmu Peternak., vol. 21, no. 3, pp. 18–29, 2011.

N. Cahyani, I. Irnad, and R. Reswita, “Analisis Persediaan Bahan Baku Dan Usaha Industri Kerupuk Kulit (Studi Kasus Home Industry ‘Kerupuk Jangek Asli Khas Malalo’) Di Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 9, p. 2025, 2021.

D. Setiawan, F. Irwan, and R. N. Putri, “Pendampingan Usaha Kecil Menengah Kerupuk Jangek Pak Ali Di Masa Pandemi COVID 19,” J. KARYA ABDI, vol. 01, no. 02, pp. 94–102, 2020.

P. Widodo, “Jumlah UMKM Di Riau Penerima BPUM Tahun 2021 Meningkat,” rri.co.id, 2021. [Online]. Available: https://rri.co.id/pekanbaru/ekonomi/1160549/jumlah-umkm-di-riau-penerima-bpum-tahun-2021-meningkat?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General Campaign. [Accessed: 04-Apr-2022].

D. Arisandi and Sukri, “An Analysis of the Expediency Social Media for Culinary Products Marketing on Micro and Middle Enterprise in Pekanbaru City,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 97, no. 1, 2017.

B. Setiawan and A. Fadillah, “Pendampingan Penerapan Strategi Promosi Berbasis Digital Bagi UMKM Di Wilayah Kota Bogor,” J. Abdimas Dedik. Kesatuan, vol. 1, no. 1, pp. 29–36, 2020.

A. Syamsuadi, S. Hartati, L. Trisnawati, and D. Arisandi, “Strategi Kebijakan Pengembangan Sagu Berbasis Sentra Industri Kecil Menengah (IKM),” J. Inov. Ilmu Sos. dan Polit., vol. 2, no. 2, p. 114, 2020.

I. P. Sari, D. Arisandi, D. Setiawan, L. Trisnawati, and L. Elvitaria, “Pemanfaatan Teknologi Media Sosial sebagai Pendukung Usaha Ibu PKK Desa Teluk Kenidai Dimasa Pandemi Covid-19,” J. Abdidas, vol. 1, no. 3, pp. 131–136, 2020.

S. Sukri and D. Arisandi, “Analisa Pembeli Kuliner Terhadap Pembaharuan Informasi Melalui Media Sosial Di Kota Pekanbaru,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 2, pp. 122–130, 2017.

L. Elvitaria, S. Sukri, and A. Rohman, “Pembangunan Dapur Online Berbasis Android Dalam Mendukung Usaha Mikro Kecil Dan Menengah An,” JITaCS J. Inf. Technol. Comput. Sci. J., vol. 1, no. 19, pp. 1–11, 2021.

R. Wang and S. Chan-Olmsted, “Content marketing strategy of branded YouTube channels,” J. Media Bus. Stud., vol. 00, no. 00, pp. 294–316, 2020.

Kompas.com, “Berapa Jumlah Pengguna dan Pengemudi Go-Jek?,” Kompas.com, 2017. [Online]. Available: https://tekno.kompas.com/read/2017/12/18/07092867/berapa-jumlah-pengguna-dan-pengemudi-go-jek?page=all. [Accessed: 04-Apr-2022].

Published
2022-06-29
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 128
downloads: 84