PENYULUHAN FISIOTERAPI KOMUNITAS DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG LOW BACK PAIN PADA POSYANDU LANSIA DI DESA WONOKERSO

COMMUNITY PHYSIOTHERAPY COUNSELING IN INCREASING KNOWLEDGE ABOUT LOW BACK PAIN AT ELDERLY POSYANDU IN WONOKERSO VILLAGE

  • Mohammad Abdul Wahid Universitas Muhammadiyah Malang
  • Safun Rahmanto Universitas Muhammadiyah Malang
  • Herdiana Ayu Saputri P Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Pendahuluan : Orang lanjut usia berada pada tahap akhir pertumbuhan. Dan itu adalah proses alami yang tidak dapat dihindari oleh siapa pun. Proses menua ditandai dengan perubahan anatomi, biologi, fisiologi, dan perubahan psikologis.  Tujuan : Penyuluhan bertujuan untuk mengedukasi lansia tentang nyeri punggung bawah terutama tentang gejala gejala dan faktor penyebab nyeri punggung bawah, serta melakukan latihan mandiri di rumah untuk mencegah nyeri punggung bawah. Metode : Metode yang diberikan  adalah penyuluhan  kepada  masyarakat,  berupa  promosi  kesehatan  tentang  nyeri punggung bawah, dengan menggunakanl eaflet sebagai media, dengan tujuan pemahaman masyarakat, melakukan tanya jawab  untuk  mengetahui  informasi  tentang  keluhan  yang  dialami  oleh masyarakat,  dan  mengedukasi  dengan latihan-latihan  dan  penanganan  yang  bisa  dilakukan  dirumah  untuk  mengurangi  keluhan. Kesimpulan : Proses  penyuluhan berjalan dengan lancar, masyarakat mulai memahami terkait latihan-latihan yang telah diajarkan untuk dilakukan dirumah,  dengan  tujuan  untuk  mendapatkan  pemahaman  masyarakat  dari  0%  hingga  100%  setelah  penyuluhan dilakukan. Sehingga  terjadinya  penurunan  tingkat  nyeri  yang  dialami  masyarak  setelah  melakukan  latihan dirumah.   Kegiatan penyuluhan yang sudah dilaksanakan di Posyandu Lansia Desa Wonokerso Kecamatan Pakisaji, Malang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan lansia mengenai nyeri punggung bawah serta bagaimana cara pencegahan dan penanganan secara mandiri dengan melakukan latihan aktif dan latihan aktif resisted.

Keywords: Elderly, Lower Back Pain, Counseling

References

J. Selo, E. Candrawati, and R. M. Putri, “Perbedaan Tingkat Stres Pada Lansia Di Dalam Dan Di Luar Panti Werdha Pangesti Lawang,” Nurs. News (Meriden)., vol. 2, no. 3, pp. 522–533, 2017, [Online]. Available:

https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/688.

M. Nesa Udayani, “Peningkatan Pengetahuan dan Pelatihan Pencegahan Low Back Pain pada Lansia,” vol. 2, no. 1, pp. 46–50, 2023.

T. N. Hasanah, “Fisioterapi pada Kasus Low Back Pain atau Nyeri Punggung Bawah,” RSJ Menur Jatim, vol. 2, no. 1, pp. 19–22, 2020, [Online]. Available: https://rsjmenur.jatimprov.go.id/post/2020-07-29/fisioterapi-pada-kasus-low-back-pain-atau-nyeri-punggung-bawah.

Y. Azwar, E. Santi, and D. Tegar Larasati, “Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pekerja Welding,” Heal. Care J. Kesehat., vol. 10, no. 1, 2021.

A. S. Rizqi and Y. W. Putra, “Penyuluhan Kesehatan Penanganan Nyeri Punggung Bawah ( Low Back Pain ) di Krakitan Bayat Klaten,” pp. 2–4, 2021.

A. A. H. Ningsih Riski wahyu, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Low Back Pain Dan Upaya Penanganan Pada Pasien Ashuma Therapi Sidoarjo Riski,” J. Kesehat. Olahraga, vol. 10, no. 1, pp. 75–84, 2022.

P. R. Pristianto, muchammad arif, “Edukasi Latihan Penguatan Core Muscle Untuk Mengatasi Keluhan,” no. 1, pp. 56–60, 2023.

S. Hajar, M. Al Haris, and Y. Vera, “Pengaruh Pemberian Trancutaneus Electrical Nerve Stimulation ( Tens ) Dan Mc . Kenzi Exercise Terhadap Penurunan Nyeri Pada Penderita Ischialgia Di Poli Fisioterapi Rsud Meuraxa Banda Aceh,” vol. 3, pp. 102–109, 2023.

Published
2023-07-02
How to Cite
Wahid, M., Rahmanto, S., & Ayu Saputri P, H. (2023). PENYULUHAN FISIOTERAPI KOMUNITAS DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG LOW BACK PAIN PADA POSYANDU LANSIA DI DESA WONOKERSO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(3), 300-306. https://doi.org/10.36341/jpm.v6i3.3271
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 657
downloads: 584