PENYULUHAN PENCEGAHAN TERJADINYA STUNTING DALAM UPAYA PEMBANGUNAN KESEHATAN DI DESA SINDANGPALAY KECAMATAN KARANGPAWITAN KABUPATEN GARUT

  • Ayu Rahadianti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Atu Setiati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Tami Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Desa Sindangpalay merupakan desa pertama yang dipilih untuk mendapatkan penyuluhan stunting oleh Puskesmas Karangpawitan, karena Desa tersebut memiliki angka stunting yang paling tinggi di Kecamatan Karangpawitan. Hal ini menjadi masalah urgen karena stunting dapat mempengaruhi seluruh pertumbuhan dan perkembangan pada anak sebagai penerus bangsa ini. Dalam upaya mencegah terjadinya stunting, Puskesmas Karangpawitan mengadakan sebuah kegiatan penyuluhan untuk menunjang perubahan wawasan masyarakat terkait pentingnya pencegahan stunting. Tujuan diadakan penyuluhan ini yaitu untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya tumbuh kembang anak, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penanganan dan pencegahan stunting pada anak sehingga dapat menurunkan presentase stunting di Desa Sindangpalay Kecamatan Karangpawitan. Metode pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini berupa ceramah dengan menggunakan media power point yang dilakukan oleh dokter dan bidan Puskesmas Karangpawitan serta melakukan sesi tanya jawab. Metode evaluasi hasil penyuluhan dilaksanakan bersama pihak puskesmas dan desa melalui observasi dan wawancara kepada masyarakat terkait hasil penyuluhan yang diberikan kepada kader. Hasil dari kegiatan penyuluhan mengenai pencegahan stunting terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan kader mengenai stunting serta informasi yang telah didapatkan oleh kader tentang pencegahan dan penanganan stunting telah disebarluaskan kepada masyarakat.

Keywords: Counseling, Stunting, Children, Health

References

. Dewi IC, Auliyyah NRN. Penyuluhan Stunting sebagai Sarana untuk Meminimalisir Tingginya Angka Stunting di Desa Gambiran Kecamatan Kalisat. JIWAKERTA J Ilm Wawasan Kuliah Kerja Nyata. 2020;1(2):25–9.

. Wardana AK, Astuti IW. Penyuluhan pencegahan stunting pada anak (stunting prevention expansion in children). J Berdaya Mandiri. 2019;1(2):170–6.

. Eksa DR, Annisa I, Alfarisi R, Oktobiannobel J, Sani N, Lestari SMP. Penyuluhan Edukasi Stunting Balita Pada Masa Pandemi Covid19 di Posyandu Melati II Kecamatan Suka Jawa. J Kreat Pengabdi Kpd Masy Pkm. 2021;4(4):921–7.

. Kurniati PT. Penyuluhan Tentang Pencegahan Stunting Melalui Pemenuhan Gizi pada Wanita Usia Subur. J Altifani Penelit dan Pengabdi Kpd Masy. 2021;1(2):113–8.

. Fauza N, Abdurrohman, Harahap AA, Monica L, Yani L, Jannah M, dkk. Identifikasi Stunting Pada Anak Balita di Desa Rantau Mapesai. Unri Conf Ser Community Engagem. 2021;3:673–9.

. Yuda AP, Septina Z, Maharania A, Nurdiatamia Y. Tinjauan Literatur : Perkembangan Program Penanggulangan Stunting di Indonesia. J Epidemiol Kesehat Indones. 2022;6(2):53–8.

. Arsyati AM, Pribadi F, Cahya D, Binangkit A, Fitria E, Sari IP, dkk. Edukasi dan Monitoring Kesehatan Ibu Anak dalam Pencegahan Stunting di Wilayah Sukaresmi Kota Bogor. Pros Semin Nas Kesehat Masy. 2022;1(1):333–40.

. Choliq I, Nasrullah D, Mundakir M. Pencegahan Stunting di Medokan Semampir Surabaya Melalui Modifikasi Makanan Pada Anak. Humanism J Pengabdi Masy. 2020;1(1):31–40.

Published
2023-07-02
How to Cite
Rahadianti, A., Setiati, A., & Sri Rahayu, T. (2023). PENYULUHAN PENCEGAHAN TERJADINYA STUNTING DALAM UPAYA PEMBANGUNAN KESEHATAN DI DESA SINDANGPALAY KECAMATAN KARANGPAWITAN KABUPATEN GARUT. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(3), 323-329. https://doi.org/10.36341/jpm.v6i3.3314
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 271
downloads: 238