PELATIHAN PEMASARAN PADA UMKM SUMBER SEHAT SEBAGAI CARA UNTUK MEMPERKENALKAN PRODUK

MARKETING TRAINING FOR SUMBER HEALTH SMEs AS A WAY TO INTRODUCE PRODUCTS

  • Alvian Alrasid Ajibulloh Universitas Amikom Yogyakarta
  • Angga Intueri Mahendra P Universitas Amikom Yogyakarta
  • Nurfian Yudhistira Universitas Amikom Yogyakarta

Abstrak

Pendahuluan: Pandemi memberikan dampak negatif pada UMKM. Meskipun saat ini UMKM sudah bisa beroperasional secara penuh, akan tetapi masih banyak memiliki permasalahan yang mengakibatkan daya saing produk usaha mereka masih rendah, salah satunya UMKM Sumber Sehat.

Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai strategi pemasaran, dan membuatkan beberapa bentuk luaran untuk keperluan promosi.

Metode: Metode yang digunakan yakni memberikan pelatihan dan pembuatan karya yang diinisiasi oleh Universitas Amikom Yogyakarta dan dilaksanakan di Desa Plumbon Kidul RT 03 / RW 014, Mororejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman, DIY.

Hasil: Hasil kegiatan ini, mitra mendapatkan identitas usaha berupa desain logo. Memberi pembaharuan terhadap desain packaging. Memiliki P-IRT dan memiliki konten promosi berupa photo dan video produk. Tidak hanya itu pengelola dan masyarakat juga mendapat keilmuan baru mengenai strategi pemasaran yang disampaikan melalui seminar di lokasi. Dan keseluruhan kegiatan ini juga telah dipublikasi di media massa.

Kata Kunci: Pelatihan, Pemasaran, Sumber Sehat

Referensi

Hadi, S. dan S. Revitalization Strategy for Small and Medium Enterprises after Corona Virus Disease Pandemic (Covid-19) in Yogyakarta. Xi’an Jianzhu Keji Daxue Xuebao/Journal Xi’an Univ Archit Technol 2020;12:4068–76. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.37896%2FJXAT12.04%2F1149.

Siswanto. Krisis Covid-19, Pekerja Film Sampai Desainer Grafis Kehilangan Pendapatan 2020.

Badan Pusat Statistik. Ekonomi Indonesia Triwulan II 2020 Turun 5,32 Persen. 2020.

Yuswohady. New Marcomm Paradigm 2020. https://www.yuswohady.com/2020/07/18/new-marcomm-paradigm/ (accessed March 9, 2022).

Sarwono HA. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Bank Indones Dan LPPI 2015:1–135.

Izzalqurny TR, Permatasari FP, Nawang Wulan GA, Anitsa D. Upaya Pengembangan UMKM Melalui Strategi Online marketing di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. JPKMI (Jurnal Pengabdi Kpd Masy Indones 2022;3:138–47. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v3i2.401.

Fitriyani I. Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indones J Soc Sci Humanit 2020;1:87–95. https://doi.org/https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009.

Susanto B, Hadianto A, Chariri FN, Rochman M, Syaukani MM, Daniswara AA. Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empower 2020;6:42–7. https://doi.org/10.31603/ce.4244.

Darmawati I, Indriawati R. Peningkatan Pemberdayaan Umkm Pembuat Kue 2021:1484–9. https://doi.org/10.18196/ppm.44.598.

Diterbitkan
2023-10-27
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 97
downloads: 75