PEMERIKSAAN, PENGOBATAN, DAN PENYULUHAN KEBERSIHAN DIRI UNTUK MENCEGAH DAN MENGOBATI KECACINGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH GUNA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK
Abstract
Penyakit cacingan masih menjadi permasalahan kesehatan masyarakat di Indonesia terutama pada daerah dengan sanitasi yang buruk. Prevalensi cacingan paling tinggi terjadi pada anak usia sekolah dasar. Infeksi cacing dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penyerapan nutrisi yang berakibat terganggunya konsentrasi belajar dan pertumbuhan anak. Sasaran kegiatan ini adalah murid Sekolah Dasar SDN 071 Pekanbaru kelas 1 dan 2 yang berumur antara 6-8 tahun, diharapkan anak mampu menerapkan kebersihan diri sedini mungkin dan menjadikan suatu kebiasaan. Anak-anak yang menjadi sasaran juga diharapkan dapat menularkan sikap hidup bersih kepada lingkungan sekitarnya. Metode kegiatan pengabdian yang telah dilakukan, pada tahap pertama dilakukan kegiatan pendekatan terhadap anak dan pemeriksaan cacingan pada anak.hasil dari pengabdian ini dari 30 sampel yang dilakukan terdapat anak yang terinfeksi cacingan sebanyak satu orang . Kesimpulannya masih ada anak sekolah yang tidak menjaga kebersihan diri dan harus meningkatkan kebersihan dirinya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi dukungan serta bimbingan kepada siswa/i SD bagaimana cara mencegah penyakit cacingan.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.