Empati Terhadap Perilaku Altruisme Pada Guru Anak Berkebutuhan Khusus

  • Rani Rani Fakultas Psikologi Universitas Abdurrab
  • Dinda Septiani Fakultas Psikologi Universitas Abdurrab
  • Auliya Syaf Fakultas Psikologi Universitas Abdurrab

Abstract

Empati adalah kemampuan atau keadaan mental seseorang untuk dapat menyadari dan memahami perasaan orang lain dengan bahasa verbal atau nonverbal . Kemampuan yang muncul meliputi kapasitas afektif, untuk merasakan perasaan dan kemampuan kognitif orang lain untuk memahami perasaan sertasudut pandang orang lain. Altruisme adalah motif untuk meningkatkan kesejahteraan orang lain tanpa memikirkan kepentingan diri sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara empati dan perilaku altruisme pada Guru Kebutuhan Anak di Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah guru anak-anak berkebutuhan khusus di Pekanbaru dengan jumlah sampel 64 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala psikologis, yaitu skala empati dan skala altruisme, dengan menggunakan teknik sampling kuota. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment.  Hasil koefisien korelasi menghasilkan r = 0,558 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p <0,05) yang artinya ada hubungan antara empati dan perilaku altruisme pada Guru Anak Berkebutuhan Khusus di Pekanbaru. Empati yang tinggi akan meningkatkan perilaku altruism, dan sebaliknya.

Keywords: empati, altruisme, anak berkebutuhan khusus

References

Arum, A. P. (2018). Hubungan antara Empati dan Religiusitas dengan Altruisme pada Remaja. Jurnal Psikologi, 1(2), 23-45.

Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. S. (2010). Perilaku Prososial ditinjau dari Empati dan Kematangan emosi. 1(1), 33–42.

Ayooluwa, O., & Emmanuel Oyetunji. (2014). Influence of Gender, Spiritual Involvement/Belief and Emotional Stability on Prosocial Behavior among Some Nigerian Drivers. Canadian Social Science, 10(1), 121–127. https://doi.org/10.3968/j.css.1923669720141001.3919

Davis, M. H. (1983). Measuring individual differences in empathy: Evidence for a multidimensional approach. Journal of Personality and Social Psychology, 44(1), 113–126. https://doi.org/10.1037/0022-3514.44.1.113

Diahwati, R., & Hanurawan, F. (2016) Keterampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal psikologi perkembangan dan pendidikan, 1(8), 1612–1620.

Elisa, S., & Wrastari, A. T. (2013). Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau Dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan, 2(1), 1–10. Firmansyah, L., & Widuri, E. L. (2014). Subjective Well-Being Pada Guru Sekolah Luar Biasa (SLB). Jurnal Psikologi, 2(1), 1–8.

Hapsari, I. I. (2016). Empati Dan Motivasi Kerja Guru. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 5(1), 48–56.

Howe, D. (2015). Empati Makna dan Pentingnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indriawati, P. (2013). Implementasi Kebijakan Tugas Guru Pembimbing Khusus pada Pendidikan Inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Junrejo Batu. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 49–54.

Istiqomah, D. P. (2015). Dinamika Empati Guru Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDLB Putra Jaya Malang. Jurnal Psikologi, I(2), 23-44.

Laila, K. N., & Asmarany, A. I. (2015). Altruisme pada Relawan Perempuan yang Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Anak Jalanan Bina Insan Mandiri. Jurnal Psikologi, 8(1), 1-7.

Lokadata (2018). Siswa penyandang disabilitas berdasarkan provinsi. Beritagar.id. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/siswa-penyandang-disabilitas-berdasarkan- provinsi-1520847488. diakses pada tanggal 19 April 2019.

Maner, J. K., Luce, C. I., Neuberg, S. L., & Cialdini, R. B. (2002). The Effects of Perspective Taking on Motivations for Helping: Still No Evidence for Altruisme. Personality and Social Psychology Bulletin, 28(11), 1601-1610.

Miftahudin, L. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Kelas

Inklusif Di SD Plus Darul ’Ulum Jombang. Jurnal Studi Islam, 5(2), 202–228.

Myers, D., G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Raharjaningtyas, N., & Masykur, A. M. (2013). Hubungan Antara Empati dengan Komitmen Profesi pada Guru SLB Negeri Semarang. Jurnal Psikologi Pendidikan, 2(1), 1–10.

Robet, R. (2013). Altruisme, Solidaritas, dan Kebijakan Sosial. Jurnal Sosiologi Masyarakat, 18(1), 1-18.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. Thomas, J. T. (2012). Does Personal Distress Mediate the Effect of Mindfulness on Professional Quality of Life?. Advances In Social Work, 13(3), 561-585.

Published
2019-11-28
Section
Articles
PDF
Abstract views: 2171
downloads: 2290