Fear Of Missing Out ditinjau dari Big Five Personality

(Submitted 8 Juli 2020) (Published 28 Februari 2021)

  • Nurul Hidayati Program studi Psikologi-Universitas Abdurrab
  • Auliya Syaf Program studi psikologi Univrab
  • Rini Hartati Program studi psikologi univrab

Abstract

Media sosial membantu individu mendapatkan informasi yang diinginkan dan ini memberikan efek ketagihan. Efek ketagihan ini akan membuat penggunanya mengalami fear of missing out ditandai oleh individu dengan keingintahuan terhadap aktivitas dan atau terhubung dengan orang lain. Setiap individu dengan kepribadian memberikan dampak berbeda pula pada munculnya FoMO. Penelitian ini menggagas asumsi hubungan big five personality dengan FoMO. Partisipan penelitian berjumlah 204 orang diambil menggunakan quota sampling. Penelitian menggunakan skala big five inventory dan skala FoMO. Temuan penelitian mengungkap bahwa kepribadian agreeableness memiliki korelasi dengan FoMO (sig =0,015; p<0,05). Namun, tidak ada korelasi antara extraversion, neuroticism, conscientiousness maupun openness, terhadap FoMO pada masyarakat Pekanbaru.

 

Keywords: big five personality, social media, fear of missing out

References

Abel, J. P., Buff, C. L., & Burr, S. A. (2016). Social Media and the Fear of Missing Out: Scale Development and Assessment. Journal of Business & Economics Research (JBER), 14(1), 33–44. 10.19030/jber.v14i1.9554

Alt, D. (2015). College students’ academic motivation, media engagement and fear of missing out. Computers in Human Behavior, 49, 111–119. 10.1016/j.chb.2015.02.057

Alwisol. (2016). Psikologi Kepribadian. UMM Press.

Angesti, R., & Oriza, I. D. I. (2018). Peran Fear of Missing Out (Fomo) Sebagai Mediator Antara Kepribadian Dan Penggunaan Internet Bermasalah. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(2), 790. 10.24912/jmishumsen.v2i2.2317

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2018). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Apjii, Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia, 1–34.

Ayutiani, D. N., & Putri, B. P. S. (2018). Penggunaan Akun Instagram sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. 3(1), 39–59.

Besser, A., & Shackelford, T. K. (2007). Mediation of the effects of the big five personality dimensions on negative mood and confirmed affective expectations by perceived situational stress : A quasi-field study of vacationers. Personality and Individual Difference, 42, 1333–1346. 10.1016/j.paid.2006.10.011

Beyens, I., Frison, E., & Eggermont, S. (2016). “I don’t want to miss a thing”: Adolescents’ fear of missing out and its relationship to adolescents’ social needs, Facebook use, and Facebook related stress. Computers in Human Behavior, 64, 1–8. 10.1016/j.chb.2016.05.083

Błachnio, A., & Przepiórka, A. (2018). Facebook intrusion, fear of missing out, narcissism, and life satisfaction: A cross-sectional study. Psychiatry Research, 259, 514–519. 10.1016/j.psychres.2017.11.012

Blackwell, D., Leaman, C., Tramposch, R., Osborne, C., & Liss, M. (2017). Extraversion, neuroticism, attachment style and fear of missing out as predictors of social media use and addiction. Personality and Individual Differences, 116, 69–72. 10.1016/j.paid.2017.04.039

Daeng, I. T. M., Edmon, N. . M., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. E-Journal Acta Diurna, VI(2), 1–15.

Elhai, J. D., Levine, J. C., Dvorak, R. D., & Hall, B. J. (2016). Fear of missing out, need for touch, anxiety and depression are related to problematic smartphone use. Computers in Human Behavior, 63, 509–516. 10.1016/j.chb.2016.05.079

Feist, J., & Feist, G. J. (2008). Theories Of Personality, Seventh Edition. In McGraw−Hill Primis. 10.1017/CBO9781107415324.004

John, O. P., Naumann, L. P., & Soto, C. J. (2008). Chapter 4 Paradigma Shift To The Integrative Big Five Trait Taxonomy.

John, O. P., Robins, R. W., & Pervin, L. A. (2008). Handbook of Personality Theory and Research. In The Guilford Press (Third). The Guilford Press. 10.2307/3005768

John, O. P., & Srivastava, S. (1999). The Big-Five Trait Taxonomy: History, Measurement, and Theoretical Persepectuve. 1–71. 10.1109/ICARM.2016.7606898

JWT. (2011). Fear Of Missing Out (FOMO). JWTIntelligence, May.

JWT. (2012). Fear Of Missing Out (FOMO). J. Walter Thompson Company, March.

Kurbalija, J. (2011). Sebuah Pengantar Tentang Tata Kelola Internet (Edisi Ke I). APJII-www.apijii.or.id.

Larasati, A., & Fitria, M. (2016). Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Ditinjau dari Trait dalam Pendekatan Big-Five Personality pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta. Jurnal Psikologi Positif, 4, 161–182.

Lee, S., Tam, C. L., & Chie, Q. T. (2014). Mobile Phone Usage Preferences: The Contributing Factors of Personality, Social Anxiety and Loneliness. Social Indicators Research, 118(3), 1205–1228. 10.1007/s11205-013-0460-2

Lim, W., Phau, I., Cheah, I., & Teah, M. (2015). The Fear Of Missing Out. Global Fashion Management Conference at Florence, June, 152–158.

Listari, R. (2018). Peran fear of missing out (FoMO) dan kontrol diri terhadap kecenderungan adiksi media sosial pada remaja. In Electronic Theses & Dissertations (ETD). Universitas Gadjah Mada.

Marlina, R. D. (2017). Hubungan Antara Fear Of Missing Out (Fomo) Dengan Kecenderungan Kecanduan Internet Pada Emerging Adulthood. Naskah Publikasi, 1–12.

Marshall, T. C., Lefringhausen, K., & Ferenczi, N. (2015). The Big Five, self-esteem, and narcissism as predictors of the topics people write about in Facebook status updates. Personality and Individual Differences, 85, 35–40. 10.1016/j.paid.2015.04.039

Mastuti, E. (2005). Analisis Faktor Alat Ukur Kepribadian Big Five (Adaptasi dari IPIP) pada Mahasiswa Suku Jawa. INSAN, 7(3), 264–276.

McCrae, R. R., & Costa, P. T. (2006). Personality in adulthood A Five-Factor Theory Perspective. In Experimental Aging Research (Paperback, Vol. 12, Issue 1). The Guilford Press. 10.1080/03610738608259434

Pervin, L. A., Cervone, D., & John, O. P. (2010). Psikologi Kepribadian Teori dan Riset (Edisi Kese). Kencana.

Prasetyo, A., & Ariana, A. D. (2016). Hubungan antara The Big Five Personality dengan Nomophobia pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 5(01), 1–9.

Przybylski, A. K., Murayama, K., Dehaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. 10.1016/j.chb.2013.02.014

Ramdhani, N. (2007). Apakah Kepribadian Menentukan Pemilihan Media Komunikasi? Metaanalisis Terhadap Hubungan Kepribadian Extraversion, Neuroticism, dan Openness to Experience dengan Penggunaan Email. Jurnal Psikologi, 34(2), 112–129.

Ramdhani, N. (2012). Adaptasi Bahasa dan Budaya Inventory Big Five. Jurnal Psikologi, 39(2), 189–207. 10.1016/S0143-4004(97)90091-6

Rosito, A. C. (2018). Eksplorasi Tipe Kepribadian Big Five Personality Traits Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 6. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.3250

Solekhan, & Winarso, R. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Sangkar Burung di Kabupaten Kudus. Prosiding SNATIF, 445–448. 10.2298/PAN0903301G

Stead, H., & Bibby, P. A. (2017). Personality, fear of missing out and problematic internet use and their relationship to subjective well-being. Computers in Human Behavior, 76, 534–540. 10.1016/j.chb.2017.08.016

Tresnawati, F. R. (2016). Hubungan Antara the Big Five Personality Traits Dengan Fear of Missing Out About Social Media Pada Mahasiswa. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(3), 179–185.

Triani, C. I., & Ramdhani, N. (2017). Hubungan Kebutuhan Berelasi dan Fear of Missing Out dengan Harga Diri sebagai Variabel Moderator. Universitas Gadjah Mada.

Triastuti, E., Adrianto, D., & Nurul, A. (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak Dan Remaja. Pusat Kajian Komunikasi, FISIP Universitas Indonesia.

Published
2021-02-28
Section
Articles
pdf
Abstract views: 2653
downloads: 2435