Peran Komunikasi Interpersonal terhadap Kerjasama Team Mahasiswa Kkn

(Submitted 11 November 2020) (Published 28 Februari 2021)

  • Ajeng Safitri Psikologi Islam, Fakultas Studi Islam, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nur Fitriyana Psikologi Islam, Fakultas Studi Islam, Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Kesalahpahaman dalam komunikasi sering terjadi antar angggota kelompok KKN UMRI yang berujung pada perselisihan sesama anggota, dan berimbas dalam penyelesaian program kerja KKN. Komunikasi interpersonal menjadi fokus dalam penelitian ini untuk melihat kontribusinya terhadap kerjasama tim pada mahasiswa KKN UMRI yang dilakukan pada saat pandemik covid-19. Sample penelitian menggunakan mahasiswa KKN UMRI tahun 2020 yang jumlah 281 orang, dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kerjasama tim dan skala komunikasi interpersonal yang dianalisa menggunakan Uji Korelasi Parametrik Pearson, untuk melihat hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kerjasama tim pada mahasiswa KKN UMRI. Nilai koefisien korelasi dari hasil uji analisa korelasi antara kerjasama tim terhadap komunikasi interpersonal ialah 0,048 dengan tingkat signifikansi (p) 0,418 (p>0,05) yang artinya komunikasi interpersonal tidak berkontribusi terhadap kerjasama tim pada mahasiswa KKN UMRI. Hal ini bisa dikarenakan durasi pelaksanaan KKN yang hanya 14 hari dan komunikasi antar anggota kelompok menggunakan media komunikasi online daripada tatap muka langsung, sehingga keterbukaan dan kepercayaan antar anggota kelompok sukar tercipta untuk menumbuhkan kerjasama tim. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, penelitian selanjutnya perlu memperhatikan aspek dalam komunikasi seperti keterbukaan dan kepercayaan, serta faktor durasi tatap muka antar anggota kelompok untuk melihat kerjasama tim pada kelompok tersebut.

Keywords: Kerjasama Tim, KKN UMRI, Komunikasi Interpersonal, Mahasiswa

References

Bahri, A. N. (2018). Peran Komunikasi Antar Pribadi Pada Lingkungan Kerja Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (Jisa), 1(1), 128–142.

Buchholz, L. (2011). Effective Leadership. Plastic Surgical Nursing, 31(2), 87.

Hofstede, G. (2011). Dimensionalizing Cultures: The Hofstede Model in Context. Online Readings in Psychology and Culture, 2(1), 1–26.

Lakoy, A. C. (2015). Pengaruh Komunikasi, Kerjasama Kelompok, dan Kreativitas terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Aryaduta Manado. Jurnal EMBA, 3(3), 981–991.

Mulyana, D. (2011). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslih, B. (2020). Urgensi Komunikasi dalam Menumbuhkan Motivasi di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(1), 57–65.

Peranginangin, B. B., & Perbawaningsih, Y. (2017). Model Komunikasi Interpersonal Generasi Muda Suku Batak Karo di Yogyakarta Melalui Tradisi Ertutur. Jurnal ASPIKOM, 2(6), 425.

Rahmawati, R., & Afrizal, S. (2020). Cognitive Based Trust and Afective Based Trust dalam Membangun Komunikasi Interpersonal Melalui Penggunaan Jejaring Sosial dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Hermeneutika, 6(1).

Santoso, M. B., Rachim, H. A., & Syauqina, D. A. (2018). Komunikasi Kelompok Sebagai Faktor Pendorong Terbentuknya Kerjasama Dalam Menyelesaikan Pekerjaan K3L Di Lingkungan Universitas Padjadjaran. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 198.

Setiyanti, S. W. (2012). Membangun Kerja Sama Tim (Kelompok). Jurnal STIE Semarang, 4(3), 59–65.

Umar, T. (2011). Pengaruh Outbound Training Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Kepemimpinan dan Kerjasama Tim. Jurnal Ilmiah Spirit, 11(3), 59–69.

UMRI, L. (2017). Sistem Penjaminan Mutu Internal. Universitas Muhammadiyah Riau. Pekanbaru.

UMRI, L. (2020). Panduan Pelaksanaan “KKN Merdeka” Tahun 2020. Pekanbaru: LPPM UMRI.

Wulandari, B., Arifin, F., & Irmawati, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Kerjasama dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(1), 9–16.

Published
2021-02-28
Section
Articles
pdf
Abstract views: 1382
downloads: 1214