Kesehatan Mental Siswa SMP-SMA Indonesia Selama Masa Pandemi dan Faktor Penyebabnya

(Submitted 7 Oktober 2021) (Published 28 Februari 2022)

  • Sendi Etika Addini Master degree of Professional Psychology, Educational Psychology Department, Padjadjaran University
  • Bina Decilena Syahidah Master degree of Professional Psychology, Educational Psychology Department, Padjadjaran University
  • Betania Arinda Putri Master degree of Professional Psychology, Educational Psychology Department, Padjadjaran University
  • Hari Setyowibowo Master degree of Professional Psychology, Educational Psychology Department, Padjadjaran University https://orcid.org/0000-0001-5091-3180

Abstract

Kesehatan mental pada remaja merupakan permasalahan penting yang perlu diperhatikan. Pandemi COVID-19 membuat permasalahan ini menjadi semakin perlu mendapatkan perhatian serius dari para pemangku kepentingan, terutama terkait dengan implementasi kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan adanya sejumlah keluhan dari siswa terkait pelaksanaan PJJ. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran deskriptif tingkat depresi dan kecemasan pada siswa SMP dan SMA yang sedang menjalani PJJ serta mendeskripsikan beberapa faktor-faktor yang dipersepsikan mengganggu bagi para siswa dan potensial untuk menjadi penyebab kondisi tersebut. Penelitian ini menggunakan desain non-eksperimental deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 629 orang siswa SMP dan SMA di Indonesia yang menjalani PJJ. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Patient Health Questionaire (PHQ-9), Generalized Anxiety Disorder (GAD-7) dan survey mengenai beberapa faktor yang dirasa mengganggu bagi siswa. Kuisioner diisi secara daring dan statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 46% siswa mengalami gejala kecemasan dan 58% mengalami gejala depresi. Adapun faktor–faktor yang perlu untuk diperhatikan dalam kondisi ini adalah terkait akademik dan interaksi sosial siswa terutama dengan teman. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menjelaskan mengenai pengaruh yang diberikan oleh pandemi serta hubungan faktor akademik dan sosial terhadap kondisi kesehatan mental siswa.

 

Author Biographies

Bina Decilena Syahidah, Master degree of Professional Psychology, Educational Psychology Department, Padjadjaran University

Master degree Student of Profession Psychology, Educational Psychology Department, Padjadjaran university

Betania Arinda Putri, Master degree of Professional Psychology, Educational Psychology Department, Padjadjaran University

Master degree Student of Profession Psychology, Educational Psychology Department, Padjadjaran university

Hari Setyowibowo, Master degree of Professional Psychology, Educational Psychology Department, Padjadjaran University

 

Dosen Fakultas Psikologi Departemen Psikologi Pendidikan Universitas Padjadjaran

Ketua Unit Internasionalisasi Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

 

Keywords: COVID-19, Depresi, Kecemasan, Kesehatan Mental Siswa, Pembelajaran Jarak jauh

References

Akat, M., & Karataş, K. (2020). Psychological Effects of COVID-19 Pandemic on Society and Its Reflections on Education. Journal of Turkish Studies, 15(4), 1–13. https://doi.org/10.7827/turkishstudies.44336

Ali, Q., & Karyani, U. (2015). Identifikasi Jenis Layanan BK dalam Upaya Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 363–376.

Anniko, M. K., Boersma, K., & Tillfors, M. (2019). Sources of stress and worry in the development of stress-related mental health problems: A longitudinal investigation from early- to mid-adolescence. Anxiety, Stress and Coping, 32(2), 155–167. https://doi.org/10.1080/10615806.2018.1549657

Badan Pusat Statistik. (2019). Potret Pendidikan Indonesia 2019 (D. Susila, I. E. Harahap, & R. Sinang (eds.)). Badan Pusat Statistik Indonesia.

Bernstein, G. A. (1991). Comorbidity and Severity of Anxiety and Depressive Disorders in a Clinic Sample. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 30(1), 43–50. https://doi.org/10.1097/00004583-199101000-00007

Budikayanti, A., Larasari, A., Malik, K., Syeban, Z., Indrawati, L. A., & Octaviana, F. (2019). Screening of Generalized Anxiety Disorder in Patients with Epilepsy: Using a Valid and Reliable Indonesian Version of Generalized Anxiety Disorder-7 (GAD-7). Neurology Research International, 2019. https://doi.org/10.1155/2019/5902610

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan Remaja Pada Masa Pandemi Covid -19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1. https://doi.org/10.29210/120202592

Johnson, R. B., & Christensen, L. (2017). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches (T. Accomazzo, J. Miller, R. Higgins, E. Helton, K. DeRosa, & C. West (eds.); 6th editio). Sage Publication Inc.

Juliawan, I. W., Wiguna, D. G. E. S., & Bawa, P. W. (2020). Persepsi Siswa Tentang Layanan Usaha Kesehatan Sekolah Jiwa Yang Diberikan Guru Bk Sma Negeri 1. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 294–300.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Laporan Nasional Rikesdas 2018. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (p. 198). http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf

KPAI, T. (2020). “Survei Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Sistem Penilaian Jarak Jauh Berbasis Pengaduan KPAI.” kpai.go.id

Krejcie, R. V, & Morgan, D. W. (1970). Determining Sample Size for Research Activities. Educational and Psychological Measurement, 38, 607–610. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/001316447003000308

Kroenke, K., & Spitzer, R. L. (2002). The PHQ-9: A New Depression Diagnostic and Severity Measure. Psychiatric Annals, 32(9), 509–515. https://doi.org/10.3928/0048-5713-20020901-06

Larasati, L. A., Kristina, S. A., Pharmacy, C., Program, G., Pharmacy, F., & Mada, U. G. (2020). Prevalence of depression symptoms among diabetes mellitus patients : A survey from primary care setting in Indonesia. 25(05), 2273–2280.

Lusi, C. K., Hogowiyono, P., & Fuady, J. (2009). Pengebangan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Gangguan Kesehatan Mental Peserta Didik di SMA Negeri 2 Malang.

Maulida, H., Jatimi, A., Heru, M. J. A., Munir, Z., & Rahman, H. F. (2020). Depresi pada Komunitas dalam Menghadapi Pandemi COVID-19: A Systematic Review. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 2(4), 519–524.

Miranda, D. M. de, Athanasio, B. da S., Oliveira, A. C. S., & Simoes-e-Silva, A. C. (2020). How is COVID-19 pandemic impacting mental health of children and adolescents? International Journal of Disaster Risk Reduction, 51(August), 101845. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101845

Mubasyiroh, R., Suryaputri, I. Y., & Tjandrarini, D. H. (2017). Determinan Gejala Mental Emosional Pelajar SMP-SMA di Indonesia Tahun 2015. Buletin Penelitian Kesehatan, 45(2), 103–112. https://doi.org/10.22435/bpk.v45i2.5820.103-112

Murhadi, M., & Ponidi, P. (2020). Pembelajaran Online yang Efektif di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus di SMP Negeri 4 Pakem Sleman. INTEK: Jurnal Informatika Dan Teknologi …, 3. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/intek/article/view/549

Nazari, N., Safitri, S., Usak, M., Arabmarkadeh, A., & Griffiths, M. D. (2021). Psychometric Validation of the Indonesian Version of the Fear of COVID-19 Scale: Personality Traits Predict the Fear of COVID-19. International Journal of Mental Health and Addiction, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11469-021-00593-0

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Onie, S., Kirana, A. C., Alfian, A., Mustika, N. P., Adesla, V., & Ibrahim, R. (2020). Assessing the Predictive Validity and Reliability of the DASS-21, PHQ-9 and GAD-7 in an Indonesian Sample. PsyArXiv Preprints. https://doi.org/https://doi.org/10.31234/osf.io/eqcm9

Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. (2019). Situasi Kesehatan Jiwa DI Indonesia. In InfoDATIN (p. 12).

Smith, T. E., Holmes, S. R., Sheridan, S. M., Cooper, J. M., Bloomfield, B. S., & Preast, J. L. (2020). The Effects of Consultation-based Family-school Engagement on Student and Parent Outcomes: A Meta-analysis. Journal of Educational and Psychological Consultation, 00(00), 1–29. https://doi.org/10.1080/10474412.2020.1749062

Son, C., Hegde, S., Smith, A., Wang, X., & Sasangohar, F. (2020). Effects of COVID-19 on College Students’ Mental Health in the United States: Interview Survey Study. Journal of Medical Internet Research, 22(9), e21279. https://doi.org/10.2196/21279

Spitzer RL, Kroenke K, Williams JW, & Löwe B. (2006). A brief measure for assessing generalized anxiety disorder: The GAD-7. Archives of Internal Medicine, 166(10), 1092–1097.

Suryaatmaja, D. J. C., & Wulandari, I. S. M. (2020). Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Sikap Remaja Akibat Pandemik Covid-19. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 2(4), 820–829. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Tan, J. B., & Yates, S. (2011). Academic expectations as sources of stress in Asian students. Social Psychology of Education, 14(3), 389–407. https://doi.org/10.1007/s11218-010-9146-7

Wahana Visi Indonesia. (2020). Seluruh Aspek Kehidupan Anak Terdampak Langsung Selama Pandemi COVID-19 : Hasil Penilaian Cepat Wahana Visi Indonesia di 14 Provinsi. Wahana Visi Indonesia. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

WHO. (2020). Adolescent Mental Health. World Health Organization. https://doi.org/10.1007/978-1-137-00443-7_3

Published
2022-02-28
Section
Articles
pdf
Abstract views: 4942
downloads: 3188