Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk E-Commerce Pada Generasi Z

  • Reny Yuniasanti Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia.
  • Wanda Asri Nurwahyuni Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia.

Abstract

Perilaku konsumtif didefinisikan sebagai suatu tindakan individu dalam melakukan pembelian yang tidak terkendali dengan mengutamakan faktor emosional daripada rasional. Individu yang melakukan perilaku konsumtif terhadap suatu produk memiliki pandangan bahwa produk-produk tersebut dapat membantu individu dalam mewujudkan citra diri yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif terhadap produk e-commerce pada generasi Z. Subjek penelitian ini terdiri dari 27 responden laki-laki dan 83 responden perempuan dengan karakteristik berusia 12-27 tahun per 2022, serta pengguna e-commerce aktif dan berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta.Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan skala konsep diri dan skala perilaku konsumtif terhadap produk e-commerce. Analisis data yang digunakan adalah analisis product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien relasi = -0,321 dengan p = 0,001 (<0,05). Dari hasil perhitungan nilai determinasi (R2) sebesar 0,103 berarti bahwa variabel konsep diri memberikan sumbangan efektif sebesar 10,3% terhadap perilaku konsumtif terhadap produk e- commerce pada generasi Z. Hal ini menegaskan bahwa konsep diri akan membentuk perilaku konsumtif individu dalam berbelanja secara online.

Keywords: generasi z, konsep diri, produk e-commerce

References

Aini, R.D (2016). Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Universitas “X” di Yogyakarta [Skripsi, Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/738.

Amiruddin, A.F.(2018). Gaya Hidup Shopaholic Sebagai Bentuk Perilaku Konsumtif [Skripsi, Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id.

Andaryanti, B.C., & Indrawati, E.S. (2018). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Pakaian pada Siswi Kelas xi Sman 1 Pati. Jurnal Empati, 7(4). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23424

Anoraga, B. J., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 139. https://doi.org/10.26740/bisma.v6n2.p139-147

Bencsik, A., Csikos, G., & Juhaz, T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06

Dariyo, A. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama.

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 55-67. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/8338

Lestarina, E., Hasnah, K., Nia, F.,Ranny., & Desi, H. (2017). Perilaku Konsumtif Dikalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1-6. doi: 10.29210/3003210000.

Luas, G.N., Irawan, S. & Windrawanto, Y. (2022). Pengaruh Konsep Diri Terhdap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13 (1), 1-7.

Martínez-Mesa, J., González-Chica, D. A., Bastos, J. L., Bonamigo, R. R., & Duquia, R. P. (2014). Sample size: How many participants do i need in my research? Anais Brasileiros de Dermatologia, 89(4), 609–615. https://doi.org/10.1590/abd1806-4841.20143705

Nafisa, S. & Daliman, S. U.(2022). Hubungan Kontrol Diri dan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif Belanja di E-commerce pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta].

Nurhaini, D. (2018). Pengaruh Konsep Diri dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Gadget. Psikoborneo, 6(1), 92-100. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/index

Putri, A. M. (2013). Kematangan Emosi dengan Perilaku Konsumtif pada Pria Metroseksual. Jurnal Online Psikologi, 1(2), 383-399. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/cognicia/article/view/1646.

Ramadanti, Hasbia R.A.S., Jubaedah,N., & Marlina. (2021). Analisis Perilaku Keuangan Generasi Z pada Cashless Society Analysis of Financial Behavior of Generation Z on Cashless Society. Jurnal Visionida, 7(2). https://ojs.unida.ac.id.

Ramadhan, A.F., & Megawati S. (2018). Perilaku Pembelian Hedonis Generasi Z: Promosi Pemasaran, Kelompok Acuan, dan Konsep Diri. Jurnal Ilmiah Keluarga & Konseling IPB, 11(3), 243-254. http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.243

Saraswatia, G. K., Zulpahiyana, Z., & Arifah, S. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja di SMPN 13 Yogyakarta. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, 3(1), 33- 38. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JNKI/article/view/97

Sari, Novita. (2017). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dan Perilaku Konsumtif dengan Perilaku Melanggar Peraturan Etika Berbusana Mahasiswa Pendidikan Ips [Skripsi,Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/53430/

Sari, V. A. K., & Achmat, Z. (2013). Konsep Diri Independen dengan Intensi Membeli Sepeda Fixie. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 86-97. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1360

Shaffatallah. (2012). Hubungan Kepercayaan Diri Mahasiswa Baru dengan Perilaku Konsumtf Remaja di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. [Thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang].

Sihombing, S., & Yuniasanti, R. (2014). Differences consumptive behavior towards clothing based on personality type extroverts and introverts on teenage girls. Indigenous Psychology Seminar. ISBN : 978-602- 14930-1 .

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan : Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Alfabeta.

Sunastiko, K. P., Frieda, N.R.H., & Putra, N. A. (2016). Hubungan Antara Citra Diri ( Self Image ) dengan Perilaku Konsumtif dalam Pembelian Produk Kosmetik pada Mahasiswi Fakultas Hukum [Skrispi, Psikologi Universitas Diponegoro].

Susilawati, A. D., & Fr, D. A. (2018). Dampak Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Akses Situs On-Line Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Universitas Pancasakti Tegal). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/2321

Sutarno, A. & Purwanto, S. (2022). Perilaku Konsumtif Generasi Z Terhadap Keputusan Pembelian Produk Silverqueen Di Kota Sidoarjo. Jurnal Manajemen dan Sains, 7(1), April 2022, 309-313. http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v7i1.400

Taqwa, Y.S.S & Mukhlis, I. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif pada Generasi Z. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(7). 831-840. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/index

Wahyudi. (2013). Tinjauan Tentang Perilaku Konsumtif Remaja Pengunjung Mall Samarinda Central Plaza. eJournal Sosiologi, 1(4), 26-36. https://ejournal.ps.fisip-unmul.ac.id/site/?p=613

Yulianti. (2019). Analisis Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Memingkatkan Penjualan Produk Online Shop Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung].

Published
2023-02-28
Section
Articles
pdf
Abstract views: 1310
downloads: 1082