Peran Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Ketidakamanan Kerja Terhadap Kesejahteraan Psikologis Guru Honorer Di Indonesia

  • Silvia Kristanti Tri Febriana Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia
  • Iza Yulianti Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia
  • Ermina Istiqomah Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia

Abstract

Sejatinya Guru PNS maupun honorer memperoleh jaminan kesejahteraan hidup. Faktanya masih ada guru honorer berpenghasilan minim dengan ketidakpastian status. Penelitian ini bertujuan menjelaskan peran kepuasan dan ketidakamanan kerja terhadap kesejahteraan psikologis Guru Honorer. Penelitian dilakukan secara cross sectional dengan teknik survei dan convenience sampling pada 300 Guru honorer berusia minimal 22 tahun. Instrumen penelitian menggunakan skala kesejahteraan psikologis, Job insecurity scale, dan Minnesota Satisfaction Questionnaire. Analisis data menggunakan simple mediation model Hayes PROCESS. Hasilnya kepuasan signifikan memediasi pengaruh ketidakamanan kerja terhadap kesejahteraan psikologis (β =0,0027, BootSE=0,0061, BootCI 95% [0,0076, 0.0176]). Begitupun kesejahteraan psikologis secara signifikan negatif diprediksi oleh ketidakamanan kerja (β=-0,0457, t=-0,7906, p<0,001, CI 95% [-0,2478, 0,1058]). Hal ini membuktikan semakin Guru Honerer merasakan keamanan atas gaji dan status kepegawaiannya maka semakin merasakan kepuasan kerja dan semakin sejahtera secara psikologis. Temuan ini dapat menjadi dasar pertimbangan bagi Pemerintah dalam menentukan kebijakan mengenai jaminan kesejahteraan ekonomi dan kejelasan status guna meningkatkan kesejahteraan psikologis para guru honorer.

Keywords: Kesejahteraan Psikologis, Ketidakamanan Kerja, Kepuasan Kerja, Guru Honorer

References

Adiati, R. P., & Marcheline, A. R. (2021). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kesejahteraan psikologis pada karyawan yang mengalami job mismatch. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1319–1330.

Aisyah, A., & Chisol, R. (2020). Rasa syukur kaitannya dengan kesejahteraan psikologis pada guru honorer sekolah dasar. Proyeksi, 13(2), 109. https://doi.org/10.30659/jp.13.2.109-122

Amalia, G., Istiqomah, E., Akbar, N., (2020). Perbedaan Job Insecurity pada Pegawai Kontrak dengan Guru Honorer di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru. Jurnal Kognisia, 3, 34–38. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1571%0Ahttp://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/viewFile/1571/1254

Balkis, A. S., & Masykur, M. A. (2016). Memahami subjective well-being guru honorer sekolah dasar negeri (sebuah studi kualitatif fenomenologis). Jurnal Empati, 5(2), 223–228. https://doi.org/10.12962/j23373520.v7i2.37022

Berger, C., Alcalay, L., Torretti, A., & Milicic, N. (2011). Socio-emotional well-being and academic achievement: evidence from a multilevel approach. Psicologia: Reflexao e Critica, 24(2), 344–351. https://doi.org/10.1590/S0102-79722011000200016

Bonanno, G. A. (2021). The Resilience Paradox. European Journal Of Psychotraumatology, 12, 1942642, 1–8. doi.org/10.1080/20008198.2021.

Chandra, A., & Dirdjo, M. (2018). Hubungan kualitas kehidupan kerja dengan kinerja. 000, 112–119. https://dspace.umkt.ac.id/handle/463.2017/967

Dihan, F. N., & Prasetyo, F. N. D. (2022). Pengaruh Job Insecurity dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Panji Putra Perkasa Yogyakarta. AMIK PGRI Kebumen, 1(1), 73–91.

Emberland, J. S., & Rundmo, T. (2010). Implications of job insecurity perceptions and job insecurity responses for psychological well-being, turnover intentions and reported risk behavior. Safety Science, 48(4), 452–459. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2009.12.002

Fitria, S., & Nio, S. R. (2020). Kepuasan kerja dan loyalitas kerja pada Guru Honorer Sma Swasta Bukittinggi. Proyeksi, 15(2), 131. https://doi.org/10.30659/jp.15.2.131-140

Francis, L., & Barling, J. (2005). Organizational injustice and psychological strain. Canadian Journal of Behavioural Science, 37(4), 250–261. https://doi.org/10.1037/h0087260

Gunawan, L. R., & Hendriani, W. (2020). Psychological well-being pada Guru Honorer di Indonesia : A Literature Review Lalu. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 4(1), 105-113., 4, 105–113.

Hayes, A. F. (2018). Introduction to mediation, moderation, and conditional process analysis: A regression-based approach. The Guilford Press.

Hobfoll, S. E., Halbesleben, J., Neveu, J.-P., & Westman, M. (2018). Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior Conservation of Resources in the Organizational Context: The Reality of Resources and Their Consequences. Annu. Rev. Organ. Psychol. Organ. Behav, 5, 103–131. https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych

Istiqomah, N. (2021). Kesejahteraan psikologis guru honorer di SMA Negeri 13 Depok. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 48–54. https://doi.org/10.26539/teraputik.51555

Keyes, C. L. M., Shmotkin, D., & Ryff, C. D. (2002). Optimizing well-being: The empirical encounter of two traditions. Journal of Personality and Social Psychology, 82(6), 1007–1022. https://doi.org/10.1037/0022-3514.82.6.1007

Krings. (2020). The relationship between job satisfaction and psychological wellbeing of graduates : The moderating effects of psychological capital and work centrality. Unpublished Masters thesis, 4(3), 1–52.

Lisa, R., Marpaung, W., & Manurung, Y. (2020). Kesejahteraan psikologis ditinjau dari ketidakamanan kerja pada karyawan kontrak PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Medan Thamrin. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.3590

Mahaputra, B., Psikologi, F., Riantoputra, C. D. S., Psikologi, F., Respati, A., Psikologi, F., Mahaputra, B., Riantoputra, C. D. S., & Respati, A. (2013). Makara Human Behavior Studies in Asia Peran Employability dalam Hubungan Job Insecurity dan Kepuasan Kerja Peran Employability dalam Hubungan Job Insecurity dan Kepuasan Kerja. 17(2), 90–98. https://doi.org/10.7454/mssh.v17i2.2954

Maryatmi, A. S. (2021). Well-Being Di Dunia Kerja. CV.Pena Persada.

Meti. (2016). Guru Honorer Polemik Yang Tak Kunjung Membaik. BEM REMA UPI. http://bem.rema.upi.edu/

Nopiando, B. (2012). Hubungan antara job insecurity dengan kesejahteraan psikologis pada karyawan outsourcing. Journal of Social and Industrial Psychology, 1(2), 1–6. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip/article/view/2637

Pangestuti, T. T. A., Wulandari, R., Jannah, E. M., & Setiawan, F. (2021). Permasalahan guru honorer terkait kebijakan penghentian rekrutmen guru pns menjadi pppk. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1133–1138.

Prestiana, N. D. I., & Putri, T. X. A. (2013). Internal locus of control dan job insecurity terhadap burnout pada guru honorer sekolah dasar negeri di Bekasi Selatan. Soul, 6(1), 57–76.

Prihatsanti, U. (2010). Hubungan kepuasan kerja dan need for achievement dengan kecenderungan resistance to change pada Dosen Undip Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 8(2), 78–86.

Ryff, C. D. (1995). Psychological well-being in adult life. Current Directions in Psychological Science, 4(4), 99–104. https://doi.org/10.1111/1467-8721.ep10772395

Schütte, S., Chastang, J. F., Malard, L., Parent-Thirion, A., Vermeylen, G., & Niedhammer, I. (2014). Psychosocial working conditions and psychological well-being among employees in 34 European countries. International Archives of Occupational and Environmental Health, 87(8), 897–907. https://doi.org/10.1007/s00420-014-0930-0

Setiawan, H., & Budiningsih, T. E. (2014). Psychological well-being pada Guru Honorer Sekolah Dasar di Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Educational Psychology Journal Universitas Negeri Semarang Indonesia, 3(1), 8–14.

Sulistiobudi, R. A., Kadiyono, A. L., & Batubara, M. (2017). Menemukan kesejahteraan psikologis dibalik profesi dosen : psychological contract sebagai salah satu prediktor tercapainya psychological well being pada dosen. Humanitas, 14(2), 120. https://doi.org/10.26555/humanitas.v14i2.6042

Tanujaya, W. (2012). Hubungan kepuasan kerja dengan kesejahteraan psikologis ( psychological well being ) pada karyawan cleaner ( studi pada karyawan cleaner yang menerima gaji tidak sesuai standar ump di Pt . Sinergi Integra Services , Jakarta ). November 2011.

Weiss, D. J., Dawis, R. V., & England, G. W. (1967). Manual for the Minnesota Satisfaction Questionnaire. Minnesota Studies in Vocational Rehabilitation, 22, 120.

Wibowo, D. H., & Ariani, D. S. (2016). Identifikasi aspek-aspek ketidakamanan kerja (job insecurity) pada guru honorer di sekolah pinggiran. In Mind Set: Vol. Vol. 7 (hal. 12–19).

Published
2023-02-28
Section
Articles
pdf
Abstract views: 499
downloads: 521