PENGARUH MEDIA BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP PENCAPAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA MAHASISWA

  • Thahroni Thahroni Fakultas Psikologi, Universitas Abdurrab

Abstract

Penggunaan media berbasis audio visual dalam proses belajar mengajar menjadi penting karena hubungan yang potensial terhadap pencapaian higher order thinking skill pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media berbasis audio visual terhadap pencapaian higher order thinking skill pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen terhadap dua kelompok sampel, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan desain eksperimen true experimental design dalam bentuk posttest only control design. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan  instrumen penelitian berupa instrumen tes tulis dalam bentuk essay. Perangkat instrumen tersebut semuanya masuk dalam standar kompetensi mata kuliah psikologi kognitif pada level kognitif kemampuan berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinkhing Skill/HOTS) meliputi dimensi proses berfikir; menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi yang diberikan pada 30 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Abdurrab.  Hasil dari analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh media berbasis audio visual terhadap pencapaian higher order thinking skill pada mahasiswa sebesar t = -8.248 (p=0.000). Artinya media berbasis audio visual mampu meningkatkan higher order thinking skill mahasiswa sehingga mahasiswa memiliki kemampuan dalam menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi.

Keywords: Media, Audio, Visual, Higher Order Thinking Skill, Mahasiswa
Published
2018-08-02
Section
Articles
pdf (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 445
downloads: 0