Kepribadian Big Five terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Korea pada Remaja Fandom Korea

  • Febby sri setiawati Fakultas Psikologi Universitas Abdurrab
  • Itto Nesyia Nasution Fakultas Psikologi Universitas Abdurrab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara big five dan keputusan untuk membeli kosmetik Korea pada remaja fandom Korea di Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja fandom Korea di Kota Pekanbaru dengan jumlah sampel 110 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala psikologis, yaitu skala keputusan pembelian dan skala adaptasi big five inventory (BFI). Hasil koefisien korelasi menghasilkan R = 0,991 dengan tingkat signifikansi p = 0,019 (p <0,05) yang berarti bahwa ada hubungan antara lima kepribadian besar dan keputusan untuk membeli kosmetik Korea pada remaja fandom Korea di kota Pekanbaru. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa openness to experience dan agreeablesness memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian masing-masing 0,003 dan 0,024 yang didukung oleh sumbangan efektif sebesar 7,05% dan 4,23%. Sedangkan extraversion, conscientiousness, dan neuroticism,tidak memiliki hubungan dengan keputusan pembelian.

References

Achmada, L., & Sadewo, F. S. (2014). Pola Perilaku Konsumtif Pecinta Korea di Korea Lovers Surabaya Community. Paradigma, 02, 7.

Ali, M., & Mohammad, A. (2014). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Asad Shahjehan, Qureshi, J. A., Zeb, F., & Saifullah, K. (2012). The effect of personality on impulsive and compulsive buying behaviors. African Journal of Business Management, 6(6). https://doi.org/10.5897/ajbm11.2275

Barkhi, R., & Wallace, L. (2007). The impact of personality type on purchasing decisions in virtual stores. Information Technology and Management, 8(4), 313–330. https://doi.org/10.1007/s10799-007-0021-y

Gumelar, G., & Pandina, I. (2014). Trait kepribadian dan kepercayaan konsumen untuk berbelanja pada Toko Online. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 75–81.

Iskandar, L. M., & Zulkarnain. (2013). Penyesalan Pasca Pembelian Ditinjau dari Big Five Personality. Jurnal Psikologi, 40(1), 81–91. https://doi.org/10.22146/jpsi.7068

Jariah, A. (2012). Analisis faktor-faktor pribadi Yang Mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor. Jurnal WIGA, 2(2), 1–18.

Mutiara, I., & Syahputra. (2018). Pengaruh pengetahuan produk dan produk halal terhadap keputusan pembelian pada produk kecantikan Korea. Jurnal Indonesia Membangun, 17(2), 153–154.

Narooi, Z. S., & Karazee, F. (2015). Investigating the Relationship among Personality Traits, Decision-making Styles, and Attitude to Life (Zahedan Branch of Islamic Azad University as Case Study in Iran). Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(6), 311–317. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n6s6p311

Onu J. C, Akhimien E, O. M. G. (2014). Assessing the Relationship between Personality Factors and Consumer Buying Behavior in South Eastern Nigeria. International Journal of Business and Social Science, 5(11), 231–242.

Otero-López, J. M., & Villardefrancos, E. (2013). Materialism and addictive buying in women: The mediating role of anxiety and depression. Psychological Reports, 113(1), 1342–1358. https://doi.org/10.2466/18.02.PR0.113x11z9

Pervin, L. A., Cervone, D., & Oliver P John. (2010). Psikologi Kepribadian, Teori dan Penelitian Edisi kesembilan. Jakarta: Kencana.

Quintelier, E. (2014). The influence of the big 5 personality traits on young people’s political consumer behavior. Young Consumers, 15(4), 342–352. https://doi.org/10.1108/YC-09-2013-00395

Rena, E. (2017). Komunitas K-POPERS Pekanbaru, Studi tentang pembentukan kelompok sosial. Jom FISIP, 4(2), 1–15.

Ridaryanthi, M. (2014). Bentuk Budaya Populer dan Konstruksi perilaku Konsumen ... Pop Culture, 13(01), 87–104. https://doi.org/https://media.neliti.com/media/publications/142786-ID-bentuk-budaya-populer-dan-konstruksi-per.pdf

Santy, R. D. (2018). Pembelian implusif ditinjau dari faktor kepribadian konsumen dengan menggunakan trait the big five personality. In Proceeding from JBPTUNIKOMPP. Bandung: JBPTUNIKOMPP. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sari, I. A., Hamiyati, & Rasha. (2019). Pengaruh Fungsi Peer Group Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian ( Pencarian Informasi ) Produk Kosmetik Pada Remaja Putri. Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 06(01), 1–8. https://doi.org/doi.org/10.21009/JKKP.061.01

Sari, L. M. K., Joanna, A. D., & Ayu Mei Lestari. (2013). Analisis Pengaruh Persepsi Remaja Depok Terhadap Demam Korea. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), 5(Oktober), 8–9.

Shahjehan, A., & Qureshi, J. A. (2019). Personality and impulsive buying behaviors. A necessary condition analysis. Economic Research-Ekonomska Istraživanja, 32(1), 1060–1072. https://doi.org/10.1080/1331677x.2019.1585268

Shakaib Farid, D., & Ali, M. (2018). Effects of Personality on Impulsive Buying Behavior: Evidence from a Developing Country. Marketing and Branding Research, 5(1), 31–43. https://doi.org/10.33844/mbr.2018.60197

Simbar, F. K. (2016). Fenomena Konsumsi Budaya Korea Pada Anak Muda Di Kota Manado. Jurnal Holistik, (18), 1–20.

Sofi, S. A., & Najar, S. A. (2018). Impact of personality influencers on psychological paradigms: An empirical-discourse of big five framework and impulsive buying behaviour. European Research on Management and Business Economics, 24(2), 71–81. https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2017.12.002

Swasta, B., Irawan, & Dharmesta. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogjakarta.

Syah, Y. I. (2018). Representasi budaya kaum muda perempuan sebagai penggemar Korean Pop. KINESIK, 5(1), 37–39.

Turkyilmaz, C. A., Erdem, S., & Uslu, A. (2015). The Effects of Personality Traits and Website Quality on Online Impulse Buying. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 175(August), 98–105. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.1179

Udo-Imeh, P. T. (2015). Influence of Personality on the Buying Behaviour of Undergraduate Students in Universities in Cross River State, Nigeria. International Journal of Marketing Studies, 7(4), 64–77. https://doi.org/10.5539/ijms.v7n4p64

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: feeling and no thinking. European Journal of Personality, 15(S1), S71–S83. https://doi.org/10.1002/per.423

Published
2019-11-28
Section
Articles
PDF
Abstract views: 1201
downloads: 1221